Istana: Petasan Suporter Buat SBY Terkejut

Presiden SBY dan Ibu Negara, Ani Yudhoyono, menonton final leg 2 Piala AFF
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Belum lagi usai laga pertandingan Indonesia dan Bahrain semalam, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memilih balik kanan, meninggalkan Stadion Gelora Bung Karno, Senayan.

Pihak Istana menyatakan, kepulangan SBY karena ulah para suporter, bukan lantaran kecewa Indonesia ketinggalan 0-2. Juru bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha mengatakan,  SBY terkejut dengan banyaknya aksi petasan yang terjadi ketika pertandingan berlangsung semalam.

"Ini sangat mengejutkan Presiden," kata Julian, di Kantor Presiden, Rabu 7 September 2011. "Itu terjadi di beberapa titik dan tempat. Ini sangat mengejutkan Presiden."

Yudhoyono pun mempertanyakan, mengapa itu bisa terjadi. "Kenapa bisa terjadi dan bisa lolos petasan masuk screening," kata dia. Julian menambahkan, SBY mempertanyakan pihak pengelola soal screening terhadap penonton.

Meski demikian, sejauh ini belum ada komentar atau arahan Presiden soal sanksi atau teguran kepada penyelenggara. "Kecuali arahan kepada Kapolri dan Menpora," kata dia. Untuk pertandingan selanjutnya, Julian belum memastikan soal kehadiran SBY di lapangan.

Sebelumnya, Julian mengatakan, Presiden telah menegur Kepala Polisi RI, Jenderal Timur Pradopo soal adanya petasan dalam pertandingan Indonesia vs Bahrain di Stadion Gelora Bung Karno.

"Ditanyakan Presiden kepada pak Kapolri mengapa bisa terjadi situasi seperti itu karena tidak lazim dalam pertandingan apalagi kualifikasi Piala Dunia," kata Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, di Gelora Bung Karno, Selasa 6 September 2011.

Presiden, kata Julian, memerintahkan kepada Kapolri untuk menanyakan hal tersebut kepada pihak keamanan. "Saya belum bisa memberikan penjelasan di sini, kenapa bisa begini kenapa sebetulnya beliau tidak berkenan," kata Julian.

Lebih lanjut, kata dia, SBY menginginkan Indonesia sebagai tuan rumah yang baik harus bisa menjaga sportivitas. "Bahwa kita dalam posisi yang kalah itu bisa diterima walau sulit, bagaimanapun kita menerima kekalahan tapi tidak dengan cara-cara seperti itu," ucapnya. (eh)

LSM Asal AS ini Diduga Ikut Campur Tangan Pemilu di Banyak Negara
Mayat alien.

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Perburuan alien belum usai. Dua orang ilmuwan membuat proposal baru yang merinci bagaimana manusia dapat mencari alien di planet jauh. Tapi, tidak semua ilmuwan begitu.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024