Kasus Munir

Kontras: Jaksa Agung, Apanya yang Beres?

Munir
Sumber :
  • worldpoliticsreview.com

VIVAnews -- Tujuh tahun proses hukum terkait kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir belum bisa menguak siapa dalang pembunuhan dan apa motivasinya. Kendati demikian, Jaksa Agung, Basrief Arief mengatakan, pihaknya sudah maksimal dan tuntas menangani kasus tersebut.

Menanggapi pernyataan Jaksa Agung, Badan Pekerja Kontras, Crisbiantoro mengatakan, pernyataan tersebut justru jadi tanda tanya besar.

"Karena sampai hari ini belum ada kejelasan terkait PK dari putusan Muchdi PR. Kami mencoba berkomunikasi dengan pihak Kejaksaan Agung, sangat sulit untuk bertemu dengan Pak Basrief Arief, bahkan bertemu dengan Jampidum saja sangat sulit," kata dia kepada VIVAnews di depan Istana Negara, Jakarta, Rabu 7 September 2011.

Dia menambahkan, masukan-masukan yang disampaikan secara tertulis juga belum ada respon. "Kalau kemudian ada pernyataan seperti itu oleh Jaksa Agung, kami justru menjadi tanda tanya besar bagi kita, apanya yang beres, dan apanya yang progress dari kasus Munir, karena Jaksa Agung sendiri belum beritikad baik."

Crisbiantoro menambahkan, hingga saat ini Kejaksaan belum mengajukan peninjauan kembali (PK) putusan bebas Muchdi PR -- sesuatu yang dinanti para aktivis HAM. "Kemudian bebasnya Muchdi juga dimanfaatkan oleh Pollycarpus untuk mengajukan PK karena salah satu alasan pengajuan PK Polly adalah bebasnya Muchdi," tambah dia. "Ini adalah kelalaian jaksa Agung untuk mempersingkat waktu untuk mengajukan PK Muchdi PR. Kami sudah berkali-kali mendorong agar Jaksa Agung secepatnya mengajukan PK, tapi sampai sekarang belum ada kejelasan."

Sementara, di Mabes Polri tidak ada lagi agenda atau kegiatan untuk melakukan pemeriksaan saksi-saksi atau tersangka baru.

Sebelumnya, mengenai pengajuan peninjauan kembali (PK) Muchdi PR, Jaksa Agung mengatakan, PK jika berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana hanya dilakukan oleh terpidana atau ahli waris. "Jadi kalau kita mengacu kepada KUHAP itu bukan kewenangan Kejaksaan. Itu hak terpidana dan ahli waris," kata dia. (eh)

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza
Presiden RI terpilih Prabowo Subianto menghadiri acara ulang tahun adik Tien Suharto, Siti Hardjanti Wismoyo di Gedung Perwayangan TMII, Jakarta Timur, Kamis, 25 April 2024

Kenang Jenderal Wismoyo, Prabowo: Ajaran Beliau Bawa Saya Sampai Mendapat Mandat Rakyat

Jenderal Wismoyo Arismunandar pernah menjadi komandan dari Prabowo saat masih aktif di TNI.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024