Golkar Dukung Timor Leste Masuk ASEAN

Buka Puasa Bersama Partai Golkar
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Ketua Umum DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie, Rabu sore, 7 September 2011, menemui Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta, di Istana Presiden, Ibukota Dili. Dalam pertemuan tersebut, keduanya membicarakan masalah keinginan Timor Leste untuk menjadi anggota Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).

Partai Golkar, kata Aburizal seusai melakukan pertemuan tertutup, sangat mendukung masuknya Timor Leste dalam keanggotaan ASEAN. Pihaknya akan menyampaikan hal tersebut kepada Pemerintah Indonesia agar mendukung sekaligus membantu prosesnya.

Disampaikan Aburizal, pihaknya juga akan secara khusus membicarakannya dengan Presiden Republik Indonesia yang juga Ketua ASEAN, Susilo Bambang Yudhoyono. “Kami akan mengatakan kepada Presiden bahwa Partai Golkar mendukung Timor Leste masuk menjadi anggota ASEAN secepatnya,” katanya.

Meski begitu, Pemerintah RI juga harus terlebih dahulu melakukan pendekatan serta membahasnya dengan negara-negara anggota ASEAN. Sebab, kondisinya saat ini ada satu negara anggota yang belum menyetujui masuknya Timor Leste ke dalam ASEAN.

”Memang, ada satu negara ASEAN yang belum menyetujui, dan hal itu memang harus atas kesepakatan bersama, satu konsensus dari semua negara (anggota). Karena itu, Presiden (Susilo Bambang Yudhoyono), sebagai Ketua ASEAN, diharapkan dapat mempercepat prosesnya,” terang Aburizal.

Dalam Konferensi Tingkat Menteri Ke-16 Gerakan Nonblok di Nusa Dua, Bali, 23 Mei 5 2011, Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa, satu negara anggota ASEAN masih keberatan dengan bergabungnya Timor Leste ke dalam ASEAN. Menteri tidak menyebutkan nama negara tersebut. Ia hanya mengatakan, negara tersebut adalah salah satu negara besar di ASEAN.

Selain masalah Timor Leste dan ASEAN, Aburizal dan Ramos Horta juga membicarakan upaya kerja sama antara Indonesia dan Timor Leste. Disebutkan, kerja sama tersebut diharapkan dapat dilakukan, sedikitnya, dalam bidang pendikan dan ekonomi (perdagangan dan investasi).

Partai Golkar, sebagai partai politik koalisi pendukung pemerintah, kata Aburizal, mengupayakan agar Indonesia dapat menanamkan investasi di negeri Timor Lorosa’e itu. ”Dalam pola joint antara perusahaan Indonesia dengan perusahaan Timor Leste, atau perusahaan Indonesia investasi di Timor Leste,” jelasnya.

Sebelumnya, Aburizal bertemu Wakil Perdana Menteri Timor Leste, Jose Luis Guteres, di Palacio de Governo, Dili. Hal-hal yang dibicarakan juga sama, yakni seputar wacana keanggotaan Timor Leste di ASEAN, kerja sama pendidikan serta kerja sama bidang investasi dan perdagangan.

Pada kunjungan ke negara bekas provinsi ke-27 Indonesia itu, Aburizal didampingi sejumlah petinggi DPP Partai Golkar, antara lain, Theo Leo Sambuaga (Wakil Ketua Umum), Sharif Cicip Sutardjo (Wakil Ketua Umum), Hajriyanto Yassin Thohari (Ketua dan Wakil Ketua MPR), Iris Indira Murti (Ketua Bidang Hubungan Internasional), Agus Gumiwang Kartasasmita (Ketua Bidang Pertahanan dan Keamanan), dan lain-lain.

Laporan M. Arief Hidayat

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024