Kapolri: Tol Cipularang Akan Dievaluasi

Timur Pradopo
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Tujuh nyawa melayang di tol Cipularang dalam momentum mudik dan arus balik. Pada Sabtu 3 September 2011 lalu, istri pedangdut, Saipul Jamil, Virginia Anggraeni tewas saat mobil yang dikemudikan suaminya terbalik di KM 96+500.

Empat hari kemudian, giliran mobil travel  Isuzu Elf biru jurusan Kebumen–Jakarta menabrak truk di depannya. Enam penumpang tewas, tujuh lainnya luka.

Menanggapi soal kecelakaan tersebut, Kepala Polisi RI, Jenderal Timur Pradopo, mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi termasuk kondisi jalan tol. "Semua dievaluasi, termasuk infrastruktur," kata Kapolri, di Kantor Presiden, Kamis 8 September 2011

Timur menambahkan, pihak Polda Jawa Barat telah melakukan langkah-langkah termasuk tindakan pencegahan dan preventif di ruas tol Cipularang. "Termasuk kerjasama dengan pengelola tol," kata mantan Kapolda Metrojaya ini.

Menurut dia, salah satu penyebab kecelakaan terjadi di ruas tol tersebut antara lain kondisi pengemudi yang tidak stabil. "Peristiwa kebanyakan terjadi di jam-jam mengantuk," katanya.

Sebelumnya, pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi menilai perlu ada audit terhadap Tol Cipularang. "Tidak mungkin ada kejadian berulang kalau tidak ada yang salah dari sisi teknis. Lokasi itu harus diaudit, apakah sudah memenuhi standar kelaikan ideal atau sebaliknya?"

Audit itu bisa dilakukan terhadap desain jalan tol, kontur tanah, atau penataan rambu lalu lintas.

Sementara, Kepala Humas Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Iwan Mulyawan,  menegaskan bahwa rambu lalu lintas di Cipularang sudah sangat baik. Semua rambu sudah terpampang jelas.  "Ada peringatan turunan panjang, jalur pendakian, awas belokan, kabut, angin samping, sampai awas jaga jarak," kata dia. Kondisi penerangan jalan, juga baik. Dia menjelaskan, di sepanjang jalan tol Cipularang terdapat 30 tiang listrik besar yang masing-masing tiangnya memiliki penerangan 1.000 watt. (umi)

Meski Dilarang AS dan Barat, Israel 'Keukeuh' Akan Tetap Kembali Serang Iran
Ilustrasi Matahari

5 Negara Tanpa Malam, Matahari Hampir Tidak Pernah Terbenam

Sebagian besar negara di dunia mengalami siklus siang dan malam, tetapi ada negara-negara di mana fenomena matahari tengah malam terjadi, yang artinya matahari terus ada

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024