Jasa Marga: Korban Tewas Mudik di Tol Naik

Kecelakaan Lalu Lintas
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Dirut Jasa Marga Frans Sunito menyatakan, jumlah kecelakaan di jalan tol selama lebaran tahun 2011 ini menurun dibanding tahun lalu. Sayangnya, meski jumlah kecelakaan tol turun, namun jumlah korban tewas justru meningkat.

“Selama H-7 lebaran sampai hari ini, jumlah kecelakaan tol turun. Tahun lalu 84 kecelakaan, tahun ini 62 kecelakaan. Namun korban meninggal memang meningkat. Tahun lalu 7 orang, tahun ini 10 orang,” kata Frans dalam rapat dengan Komisi V DPR di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 8 September 2011.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Frans menambahkan, kecelakaan di jalan tol saat ini mendapat sorotan karena memakan korban sosok yang cukup dikenal. “Kebetulan yang meninggal saat ini punya nama,” ujar Frans.

Seperti diketahui, istri pedangdut Saipul Jamil, Virginia Anggraeni, tewas dalam kecelakaan hebat di KM 96+100 Tol Purbaleunyi dari arah Bandung menuju Jakarta. Beberapa hari kemudian, 6 orang lainnya tewas di tol yang sama setelah mobil ELF sarat penumpang menabrak truk.

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi

“Dari 10 korban meninggal, sudah termasuk mereka,” terang Frans. Dengan kata lain, korban tewas terbanyak berada di Tol Purbaleunyi di ruas Cipularang. Frans menjelaskan, ada banyak faktor penyebab kecelakaan, sehingga tiap kecelakaan tidak bisa dipukul rata.

“Menurut statistik, 60 persen karena faktor manusia, 30 persen karena faktor kendaraan, dan sisanya karena faktor lingkungan seperti cuaca dan iklim,” kata Frans. Ia pun membantah buruknya jalan menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan.

“Faktor jalan hampir tidak ada, karena semua jalan tol memenuhi syarat,” tegas Frans. “Anda tahu kecelakaan di Indonesia berapa setiap tahun? Seratus orang per hari meninggal. Anda mau salahkan jalan?” ujar Frans. “Dari 100 orang meninggal itu, 70 persen karena kecelakaan sepeda motor, sedangkan sepeda motor tidak lewat jalan tol,” kata dia. (umi)

Menteri BUMN Erick Thohir

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan perempuan memiliki hak yang sama untuk mengejar dan mewujudkan cita-citanya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024