Panja Transmigrasi Bisa Diubah Jadi Pansus

Menakertrans ke dpr
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews -- Ketua Komisi IX DPR, Ribka Tjiptaning, mengatakan ada upaya serius dari Dewan Perwakilan Rakyat untuk menelusuri kasus dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (PPID) Transmigrasi dengan pembentukan panitia khusus. Menurut dia, Panitia Kerja (panja) Transmigrasi yang dibentuk Komisi IX bisa ditingkatkan menjadi pansus.

"Panja Transmigrasi sudah berjalan. Kami memang mendorong adanya Pansus agar semua komisi bisa terlibat," kata Ribka usai acara halal bihalal PDI Perjuangan, Istora Senayan Jakarta, Minggu 11 September 2011.

Menurut dia, jika pansus itu jadi terbentuk, semua komisi yang berkaitan dengan Kemenakertrans akan terlibat dalam penelusuran dana program senilai Rp500 miliar itu. "Karena program PPIDT itu sendiri lintas kementerian, otomatis melibatkan komisi-komisi yang bermitra dengan berbagai kementerian-kementerian tadi," kata Ribka.

Dengan penelusuran kasus dana program PPIDT yang dilakukan oleh pansus, menurut Ribka, maka hasil yang didapat juga akan lebih kuat. Karena presiden akan menerima rekomendasi dan penilaian atas kasus tersebut berupa keputusan resmi yang disahkan dalam paripurna DPR.

Pembentukan pansus ini, lanjut Ribka, akan dapat lebih mengungkap kebenaran atas kesimpangsiuran masalah yang terjadi dalam program PPIDT. "Nantinya pansus ini bisa melibatkan komisi. Muhaimin (Menakertrans) sendiri berkelit dana (PPID Rp.500miliar) itu tidak memakai DIPA Kemenakertrans. Tapi menggunakan DIPA kementerian lain," kata Ribka.

"Kemenakertrans bukanlah satu-satu kementerian yang banyak bermain dalam proyek PPID. Anggarannya saja Rp7 triliun lebih untuk beberapa kementerian," tambah Ribka. (ren)

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"
Ilustrasi kulit berjerawat.

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya

Jerawat memang bikin kesal, tapi bekasnya yang sulit hilang jauh lebih menjengkelkan. Terlebih jika sudah menjadi bopeng yang parah, maka akan lebih sulit lagi diatasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024