Tujuh Walikota Bahas Bank Sampah

Sampah di Bantar Gebang
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) melaksanakan Rapat Kerja Teknis Bank (Rakernis) Bank Sampah se-Indonesia. Acara yang melibatkan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dan setidaknya tujuh walikota di Indonesia ini dilaksanakan pada 11–13 September 2011 di Yogyakarta.

Rakernis itu akan dibuka secara resmi oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta pada 12 September 2011. Tujuh Walikota Tangerang Wahidin Halim, Walikota Yogjakarta Haryadi Suyuti, Walikota Batam Ahmad Dahlan, Walikota Bandar Lampung Herman HN, Walikota Bogor Diani Budiarto, Walikota Palembang Eddy Santana Putra, dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

Asisten Deputi Empat (4) Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup R Sudirman mengatakan, Rakernis Bank Sampah ini merupakan kali pertama dilaksanakan. Dalam Rakernis Bank Sampah ini, akan dibahas sejumlah persoalan seperti visi, misi, tujuan dan program kerja Bank Sampah serta Gerakan 3R (Reduce, Reuse, dan Recyle) di Indonesia. Selain itu, juga akan dirumuskan standar minimal pelaksanaan Bank Sampah dan Gerakan 3R.

Dikatakan, rakernis ini harus menjadi momentum awal membina kesadaran kolektif untuk mengelola sampah sedekat mungkin dari sumbernya. “Dengan mulai memilah sampah, membatasi timbunan sampah. Sehinga pengelolan sampah yang berwawasan lingkungan hidup menjadi budaya baru di Indonesia,” katanya dalam rilis yang diterima VIVAnews, Senin 12 September 2011.

Saat ini, sejumlah daerah sudah memiliki Bank Sampah seperti Padang, di Pacitan, dan di Yogyakarta. “Dalam waktu tidak lama lagi sejumlah daerah akan menyusul memiliki Bank Sampah.”

Program pengembangan Bank Sampah adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat ‘berkawan’ dengan sampah. Tujuannya untuk mendapatkan manfaat ekonominya.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Bank Sampah adalah juga salah satu program yang digalakkan pemerintah untuk mengurangi timbunan atau volume sampah sebesar tujuh (7) persen per tahun. Untuk memaksimalkan program tersebut, KLH menggandeng serta bekerjasama bersama mitra kerja KLH.

Seperti dengan berkordinasi bersama dengan Kementerian BUMN serta perusahaan-perusahaan Negara dalam Program Kemitraan Bina Lingkungan seperti PT Perusahaan Gas Negara, PT Garuda Indonesia, dan PT Mittran Grup.

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur
Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluan, Padang Pariaman, disegel warga

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluang Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman disegel oleh warga setempat, Kades dituduh hubungan sejenis

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024