Saan Mustopa

Rusuh Ambon, DPR Minta Tanggung Jawab Kapolri

Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kerusuhan di Ambon dikhawatirkan akan meluas hingga ke luar daerah. Untuk mencegahnya, polisi harus bertindak tegas kepada para aktor di balik kerusuhan itu.

Demikian disampaikan oleh anggota Komisi III DPR dari Fraksi Demokrat, Saan Mustofa di Gedung DPR, Jakarta, Senin 12 September 2011." Agar tidak menjalar, polisi harus bisa tegas terhadap siapapun aktor kerusuhan. Kapolri tegas saja, tidak usah ragu, banyak pertimbangan, karena dikhawatirkan ini menjalar," ujar Saan.

Dalam rapat dengan Kapolri, Komisi III akan meminta pertanggungjawaban aparat kepolisian menangani kerusuhan tersebut. "Kita akan minta penjelasan soal penyebab konflik di Ambon dan upaya Kapolri meredamnya," kata Saan.

"Kita akan minta pertanggungjawaban Kapolri. Rapim komisi akan jadwalkan pemanggilan kapolri," tambah Saan.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Bukan Pengalihan Isu

Saan juga membantah tudingan yang menyebutkan bahwa kerusuhan Ambon muncul untuk mengalihkan isu pemberitaan yang menyudutkan Demokrat terkait proses hukum terhadap mantan bedahara umum Demokrat, Muhammad Nazaruddin. "Tidak ada kaitannya dengan Nazar dan politik, ini murni konflik sosial, seperti yang terjadi di daerah-daerah lain," kata dia.

Oleh sebab itu, lanjut saan, kerusuhan itu harus dicari akar masalahnya. "Jadi jangan semuanya dikaitkan dengan politik. Kalau ini pengalihan isu, terlalu berlebihan," kata Saan. (umi)

Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu malam, 24 April.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024