Bentrok Ambon

Gamawan: Perlu Analisa Intelijen dan Polisi

Kodam XVI Pattimura mengerahkan sejumlah tank di Ambon
Sumber :
  • ANTARA/Izaac Mulyawan

VIVAnews - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengungkapkan bahwa situasi di Ambon saat ini berangsur kondusif pascakerusuhan Minggu lalu, 11 September 2011.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Menurut dia, hal itu berdasarkan laporan Gubernur Maluku, yang mengatakan kalau kondisi Ambon pascakerusuhan telah membaik. "Hanya saja, beberapa tempat masih dijaga aparat seperti jalan ke Batu Merah. Itu untuk pencegahan saja," kata Gamawan, di Istana Presiden, Senin 12 September 2011

Gamawan menjamin tidak akan lagi terjadi bentrok susulan, mengingat masyarakat telah mengetahui bahwa akar masalah hanyalah isu yang disebarkan melalui pesan pendek.

Lebih lanjut, Gamawan menuturkan, pihaknya meminta pihak aparat melakukan deteksi dan pencegahan dini agar konflik tidak berulang.

Dia menambahkan, soal pemicu kerusuhan juga perlu dilakukan analisa lebih mendalam oleh intelijen dan aparat polisi. "Apakah masih ada sisa-sisa dulu atau tidak, ini butuh kajian-kajian," kata Gamawan.

Menurut Gamawan, dari konflik tersebut tidak menutup kemungkinan adanya individu yang memanfaatkan situasi. "Setiap ada peristiwa yang kecil-kecil, terus ada isu, sms, selalu saja begitu. Jadi, ada yang memanfaatkan situasi. Untuk itu, kita berharap masyakarat jangan mudah terpancing," ucapnya.

Selanjutnya, kata Gamawan, dia meminta agar seluruh aparat pemerintahan di daerah tetap waspada dan melakukan deteksi dini terhadap hal-hal yang bisa menimbulkan masalah. "Seperti kasus Ambon dulu, itu kan mulai dari terminal saja, tidak menduga kita akan bisa menjadi sebesar itu. Ini juga soal tukang ojek," tuturnya.

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel
Ilustrasi wanita/bercinta.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

Round-up dari kanal Lifestyle pada Kamis, 25 April 2024, salah satunya tentang saran dokter Boyke untuk suami yang memiliki istri Hyperseks.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024