Pesawat Susi Air Hancur, Pilot Tewas

Pesawat Susi Air yang jatuh di Yahukimo, Papua
Sumber :
  • VIVAnews/ Polisi

VIVAnews - Kondisi pesawat Susi Air Caravan PK-VVE, di Gunung Pasema Yahukimo, Jumat 8 September, hancur berantakan. Pilot dan kopilotnya tewas dan ditemukan dalam keadaan terpisah.

Saat ini, jenazah pilot dan kopilot yang utuh sudah berhasil dievakuasi dari bangkai pesawat serta dari atas pohon, dan untuk sementara diletakkan di samping helipad tempat pendaratan darurat helikopter. Rencananya, Selasa 13 September jenazah akan dievakuasi dari lokasi menuju Wamena atau Timika menggunakan helikopter.

Juru Bicara Polda Papua Kombes Wachyono mengatakan, kondisi kedua jenazah saat dievakuasi masih utuh. ''Satu pesawat dievakuasi dari bangkai pesawat, satu lagi dari jepitan pohon, tapi semua masih utuh dan bisa dikenali dengan jelas,'' kata dia.

Menurut Wachyono, pesawat jatuh di lereng gunung dan pepohonan. "Pesawat jatuh di ketinggian sekitar 9.000 kaki tepat di lereng gunung yang dipenuhi pepohonan," katanya.

Kata Wachyono, tim yang diterjunkan ke lokasi jatuhnya pesawat, untuk melakukan proses evakuasi dan membuat helipad untuk pendaratan darurat sebanyak 35 orang, terdiri dari  masing-masing 11 anggota tim SAR, 19 warga masyarakat setempat dan 1 pilot Susi Air. ''Warga desa Saminage juga terlibat dalam proses evakuasi,'' katanya.

Sementara tim evakuasi juga ada yang ditempatkan di Distrik Silimo, yakni 1 polisi  dan 2 tim SAR. Sebab, setelah kedua jenazah yang saat ini sudah ditempatkan di samping Heliped Di Saminage, berhasil dievakuasi, akan lebih dulu diterbangkan ke Silimo, menunggu kepastian apakah akan dibawa ke Wamena atau Timika. ''Helikopter milik Airfast yang akan melakukan evakuasi jenazah dari Saminag menuju Silimo Yahukimo, menunggu kepastian selanjutnya, apakah akan diterbangkan ke Timika atau Wamena, sebelum kemudian ke Jakarta,'' tuturnya.

Laporan Banjir Ambarita | Jayapura

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng
Kemenkominfo gelar nobar webinar

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Kemenkominfo mengadakan kegiatan webinar “Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital” dalam rangka meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024