Intel BIN Monitor Daerah Rawan di Ambon

Sutanto.
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutanto menyatakan bahwa situasi Ambon berangsur normal, meski masih dijaga aparat agar situasi segera pulih kembali dan aktivitas masyarakat berangsur normal.

"Situasi di sana sudah mulai normal kembali. Itu yang penting kita jaga," ujar Sutanto sebelum rapat dengan Komisi I di DPR RI, Jakarta, Selasa 13 September 2011.

Hari Mnggu lalu, 11 Agustus 2011, terjadi bentrok di Ambon yang dipicu beredarnya SMS menyesatkan.

Ditanya bagaimana perkembangan penelusuran BIN terhadap penyebar SMS tersebut, Sutanto meminta agar hal itu tak perlu terlalu dibesar-besarkan agar upaya pemulihan situasi di Ambon berlangsung lancar.

"Jangan diungkit-ungkit lagi. Masyarakat masih trauma. Tolong, kita harus punya empati dengan masyarakat. Jangan di sini kita asyik dengan berita-berita yang justru dapat membahayakan. Ingat saudara-saudara kita di sana, jangan sampai terjadi hal-hal seperti yang lalu," kata Sutanto.

Sutanto mengharapkan seluruh pihak dapat turut menjaga kondisi Ambon agar tetap aman dan tidak memanas-manasi suasana. "Jangan sampai memperkeruh situasi," katanya. "Ini sudah bagus, jangan dikompor-kompori."

Dia menambahkan aparat intelijen terus memantau daerah-daerah yang rawan kericuhan di Ambon. "Daerah-daerah rawan tetap jadi perhatian kami. Itu jadi perhatian utama, tentu," katanya. (kd)

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024