Polisi Berhasil Lacak SMS Rusuh Ambon

Kerusuhan Ambon 11 September 2011
Sumber :
  • Antara/ Izaac Mulyawan

VIVAnews - Polri berhasil melacak pengirim pesan pendek provokatif yang mengakibatkan kerusuhan di Ambon pada Minggu 11 September 2011 lalu. Namun, Polri tak gegabah mengungkap siapa pelaku pengiriman pesan berantai itu.

"Kita sudah menemukan orang-orang yang sebenarnya, namun masih dilihat apakah (SMS) yang dikirim sebelum atau sesudah kejadian," kata Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Irjen Pol Sutarman di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 14 September 2011.

Menurut Sutarman, waktu penyebaran itu sangat penting diketahui apakah dikirim sebelum atau sesudah terjadi kerusuhan. Oleh karena itu, waktu pengiriman pesan singkat itu harus dilihat kembali.

Sutarman mengatakan, pesan pendek itu berasal dari Ambon kemudian di kirim ke Surabaya, Solo dan ke beberapa daerah. SMS tersebut, kata dia tak ada kaitannya dengan Republik Maluku Selatan (RMS). "Jangan sebut RMS. RMS itu gak ada, yang ada separatis," kata dia.

Menurut Sutarman, awal kerusuhan Ambon itu dari perbedaan persepsi mengenai kasus kecelakaan yang terjadi pada Sabtu 10 September 2011. Kecelakaan itu menewaskan seorang tukang ojek bernama Darmin Saiman.
"Mungkin ada seseorang (kabar meninggalnya Darmin) dihembuskan wah, itu pasti dibunuh, misalnya seperti itu," kata Sutarman.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Selasa kemarin Mabes Polri mengatakan bekerja keras menelusuri SMS provokatif yang diduga menjadi pemicu bentrokan. Selain itu, seluruh masyarakat juga diimbau tak terhasut ajakan langsung, maupun lewat SMS. "Apabila terima SMS provokasi segera laporkan ke polisi. Atau minimal tidak disebarluaskan," ujar juru bicara Mabes Polri Inspektur Jenderal Polisi Anton Bachrul Alam.

Bentrok di Ambon itu kian memanas akibat menyebarnya pesan singkat atau SMS provokatif. Oleh karena itu, kata Sutarman, polisi terus menyelidiki siapa orang yang menghembuskan kabar tersebut.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5
Dok. Istimewa

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024