Sosok Muntoha, Penipu Gayus Tambunan

Gayus Tambunan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Keahlian Gayus Tambunan dalam memanipulasi pajak tampaknya belum bisa menandingi 'ilmu' Muntoha dalam hal penipuan. Buktinya, Gayus yang pernah berkali-kali mengebui petugas dengan keluar tahanan itu sampai kena tipu Muntoha. Jumlahnya juga tidak tanggung-tanggung, Rp4 miliar.

Sosok Muntoha ini tak dikenal sebelumnya. Namanya mulai 'moncer' setelah disebut-sebut menipu Gayus mentah-mentah. Lalu, siapakah sosok Muntoha itu?

Menurut Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kumham DKI Jakarta, Bambang Krisbanudi, Muntoha adalah residivis atau penjahat kambuhan dalam kasus penipuan.

14 Sekolah Terima Dukungan Program Pengembangan Esports

"Dia telah melakukan aksi penipuan dengan modus penggandaan uang di berbagai daerah," kata Bambang saat berbincang dengan VIVAnews.com, Kamis 15 September 2011.

Muntoha pun sudah berkali-kali keluar masuk penjara terkait penipuan dengan modus yang sama. "Kalau rekam jejaknya memang seperti itu. Dia pernah dipenjara di Brebes (Jawa Tengah), kemudian juga pernah tercatat di Semarang," kata Bambang.

Menurut Bambang, Muntoha ditahan di Rutan Cipinang, Jakarta juga karena tuduhan kasus penipuan. "Kalau tidak salah, dia melakukan penipuan di Jakarta Selatan. Tapi saya lupa pastinya," kata dia.

Muntoha pun saat ini sedang melakukan proses banding atas kasus yang menjeratnya itu. Namun, saat proses banding itu belum diputuskan hakim, tuduhan baru kembali menimpanya. Muntoha dituding menipu orang yang tenar dengan kasus manipulasi pajak, Gayus Tambunan.

Bahkan, Bambang mengatakan Muntoha juga sempat melancarkan aksinya kepada dua nara pidana lain di Cipinang sebelum menipu Gayus. "Informasinya seperti itu, tapi yang dua itu tidak ada laporan," kata Bambang. (umi)

[dok. RUPST PT Antam di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Mei 2024]

Antam Tebar Dividen 100 Persen Laba Bersih 2023

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), di Hotel Borobudur, Jakarta hari ini.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024