Mendagri: Pengganti Dicky Diusulkan Bupati

Mendagri, Gamawan Fauzi
Sumber :
  • depdagri.go.id

VIVAnews - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi masih menunggu hasil keputusan DPRD Kabupaten Garut atas mundurnya Dicky Chandra sebagai Wakil Bupati. Menurut Mendagri, untuk kasus Dicky Chandra, nama penggantinya akan diusulkan dari Bupati Aceng HM Fikri.

"Kalau independen, maka bupati yang mengusulkan," kata Gamawan Fauzi sebelum Rapat Kerja dengan Komisi II DPR, di gedung DPR, Jakarta, Kamis 15 September 2011.

Tapi menurut Gamawan, mekanisme pengunduran diri wakil bupati itu sudah jelas diatur Undang-Undang tentang Pemerintahan Daerah. Setelah yang bersangkutan berhenti dan mengundurkan diri, DPRD setempat melakukan sidang.

Nanti, DPRD Garut akan mengeluarkan kesimpulan dari pengajuan pengunduran Dicky Chandra. Hasil kesimpulan itu akan disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Lalu, Gubernur akan menyampaikan itu kepada Mendagri.

"Kami lihat dulu hasil dari DPRD. Nanti kami pelajari, baru diproses," kata mantan Gubernur Sumatera Barat ini. Menurut Gamawan, dalam undang-undang, bila si wakil bupati merupakan calon dari partai politik, maka prosesnya akan lebih mudah.

Partai pengusung wakil bupati tinggal menentukan pengganti dan mengajukan. Nanti nama baru itu akan diproses dan dipilih DPRD. "Dan masih ada sisa masa jabatan sekitar 18 bulan," kata Gamawan.
 
Siapa pengganti Dicky Chandra sendiri menimbulkan kerumitan baru. Aceng dan Dicky merupakan pasangan independen, bukan dari partai politik. Itu satu masalah.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Pemain sinetron yang menjadi politisi ini tidak berkenan blak-blakan mengungkapkan masalah utamanya. Tetapi, Dicky mengakui ada persoalan dengan Bupati Garut Aceng M Fikri.

"Karena saya tidak mampu membantu Bupati. Saya terlalu banyak kelemahan, dari sisi pengalaman saya juga kurang. Kalau bicara tidak sejalan," kata Dicky Chandra usai bertemu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di rumah dinas Gubernur, Gedung Pakuan Bandung, Jawa Barat, Rabu 7 September 2011. (eh)

Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024