Kejaksaan Agung:

Sudwikatmono Lunasi Pengganti Adrian Kiki

Demonstrasi menuntut KPK mengusut kasus BLBI
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews -- Buron kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Adrian Kiki Ariawan saat ini masih belum bisa dipulangkan dari Australia. Ekstradisi terpidana kasus Bank Surya itu terhambat proses hukum berbelit di negeri kanguru.

Selain hukuman badan yang juga dipertanyakan dalam kasus Adrian adalah soal pembayaran uang pengganti.

Terkait itu, Wakil Jaksa Agung, Darmono menjelaskan,dalam putusan pengadilan, Adrian dan Bambang Sutisno dinyatakan bersalah. Mereka dihukum seumur hidup dan uang pengganti kurang lebih Rp1,6 triliun.

"Kaitannya dengan pelaksanaan putusan uang pengganti, bahwa para tersangka kan melarikan diri dalam posisi DPO semuanya, sehingga putusan waktu itu in absentia," kata Darmono, Jumat 16 September 2011.

Namun demikian, tambah dia, salah satu komisaris Bank Surya merasa bertanggung jawab. "Pak Sudwikatmono merasa bertanggung jawab terhadap putusan tersebut dan kerugian negara, akhirnya putusan pengadilan tersebut semuanya sudah ditutup oleh Sudwikatmono. Jadi melalui BPPN yang bersangkutan menutup semua kerugian negara," kata dia.

Pembayaran uang pengganti berupa uang sebesar Rp35 miliar dan selebihnya berupa saham-saham di lima perusahaan. "Sekarang yang akan kita lakukan cek selanjutnya adalah sejauh mana saham-saham yang dinyatakan telah dirampas dan diserahkan ke BPPN itu, apakah masih dalam bentuk aktif saham atau mungkin sudah dijual. Ini yang nanti akan kita telusuri," kata Darmono. "Tapi intinya dari Bank Surya sudah membayar lunas ganti rugi sebanyak Rp1,6 triliun." Pengembalian dilakukan tahun 2005 lalu.

Sementara soal kepulangan Adrian ke Indonesia, kini masih dalam proses sidang di Australia. Belum ada putusan. "Itu masih ada upaya hukum banding baik oleh terpidana maupun kementerian dalam negeri."

Seperti diketahui, Adrian ditangkap Kepolisian Perth pada 28 November 2008, setelah enam tahun masuk daftar pencarian orang Interpol. (eh)

Curah Hujan Ekstrem di Dubai Terparah dalam 75 Tahun, 18 Orang di Oman Tewas
Menlu Retno Marsudi

Menlu China Wang Yi Lakukan Pertemuan dengan Menlu Retno, Ini yang Dibahas

China merupakan salah satu investor asing terbesar di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024