Rektor UI Janji Terapkan Good Governance

Rektor UI Gumilar R Somantri
Sumber :
  • Antara/ Benny S Butarbutar

VIVAnews - Rektor Universitas Indonesia, Gumilar Rusliwa Somantri, menyatakan, apapun opsi yang nanti diambil, pihaknya akan menaruh faktor kebersamaan di atas segalanya.

Hasil dari pertemuan antara pihak universitas dengan Kementerian Pendidikan Nasional belum lama ini akan dijadikan masukan.

"Sebelumnya ada perbedaan pendapat. Kami berdiskusi, kami ketemu Pak Menteri Pendidikan, banyak hal yang jadi titik temu,” kata Gumilar. “Informasi ini akan segera dilaksanakan," ujarnya saat ditemui usai wisuda mahasiswa UI di kompleks UI, Depok, Jawa Barat, 16 September 2011.

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

Seperti diketahui, pemerintah memberikan tiga pilihan sebagai penyelesaian terkait permasalahan di tubuh Universitas Indonesia, yakni mengenai masa keanggotaan Majelis Wali Amanat UI. Pilihan itu diberikan setelah diadakan pertemuan antara Majelis Wali Amanat UI dengan pihak Rektor UI dan semua pihak terkait.

Menurut Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh, ketiga pilihan tersebut antara lain pertama memperpanjang keanggotaan MWA.

"Misalnya senat habis di tanggal 17 Juli kemarin, kami berikan opsi diperpanjang. Artinya, organ atau lembaga institusi MWA masih ada kamar-kamar yang kosong karena penghuninya masa baktinya habis diperpanjang lagi," ujar Nuh, saat ditemui di kantor Kemendiknas, Jakarta, Selasa malam lalu.

Kedua, terkait dengan pilihan rektor. Di situ pilihan rektor dapat diajukan oleh MWA saat ini. "Itu juga sensitif," ujarnya.

Ketiga, organ-organ diganti semua sesuai dengan yang ada sesuai dengan PP 66 pada saat masa transisi. Dengan kata lain, tidak ada lagi MWA. "Yang ada dewan pertimbangan, dewan pengawas, satuan pengawas, senat universitas sesuai dengan yang ada di PP 66," tutur M Nuh.

Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi

Ke depan, Gumilar menjelaskan, pihaknya juga akan mengedepankan penerapan good governance di tubuh UI. "Mengenai PP nomor 152 dan 66, nanti akan menjadi kesepakatan bersama. Tiga opsi itu bisa saja dilakukan salah satunya," tuturnya.

Selain good governance, tambah Gumilar, pihaknya juga berusaha untuk menjaga keutuhan, membangun martabat UI, dan menjaga otonomi. "Ini akan dilakukan supaya kampus ini berkembang dengan baik sesuai perkembangan yang ada," janji Gumilar.

Herjuniot Ali

Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ

Lebih lanjut, Herjunot Ali menuturkan bahwa menjadi seorang DJ memberinya sensasi yang berbeda dibandingkan dengan akting. 

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024