Suap Kemenakertrans

Dharnawati: Saya Pernah Mengancam Lapor KPK

Kabag Perencanaan dan Evaluasi Kemenakertrans Dadong Irbarelawan
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Dharnawati, tersangka kasus suap dana program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah Transmigrasi di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengaku sempat menolak memberikan jatah fee sebesar 10 persen untuk I Nyoman Suisnaya, Dadong Irbarelawan, dan Sindu Malik untuk mendapatkan proyek senilai Rp500 miliar itu.

Inspiratif! Sejak Usia 15 Tahun Gabung UNICEF, Pemuda Ini Beri Les Gratis ke 10 Ribu Anak Pelosok

Bahkan, Dharnawati juga mengaku sempat berniat melaporkan ketiganya ke Komisi Pemberantasan Korupsi. "Saya pernah mengancam untuk melaporkan ke KPK, dokter Dani juga pernah mau mengancam untuk melaporkan," kata Dharnawati usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jakarta, Senin, 19 September 2011.

Ia menyadari bahwa penggelontoran jatah fee 10 persen itu merupakan tindak pidana korupsi. Oleh karena itu dia mengancam akan melaporkan adanya permintaan jatah fee 10 persen itu kepada Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan. M Jasin.  Namun, niat itu tak pernah dilaksanakan oleh Dharnawati. Bahkan sampai dirinya ditangkap oleh penyidik KPK.

KPK telah menangkap tiga orang yang diduga melakukan praktek suap terkait pencairan dana PPIDT di 19 Kabupaten tahun 2011 dengan total nilai Rp500 miliar yang merupakan anggaran dari APBN-P tahun 2011.

Ketiga orang tersebut adalah Dharnawati yang diduga memberikan uang. Dia ditangkap di daerah Otista, Jakarta Timur.  Kemudian, I Nyoman Suisanaya, Sesditjen Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2KT) pada Kementerian Tenaga Kerja.

Dia ditangkap di gedung A lantai 2 Kementerian Tenaga Kerja, Jalan Kalibata, Jakarta Selatan. Sedangkan, Dadong Irbarelawan, Kabag Perencanaan dan Evaluasi tertangkap di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Banten.

Dalam penangkapan tersebut, penyidik KPK juga menemukan barang bukti berupa satu buah kardus durian yang berisi uang sekitar Rp 1,5 miliar. Diduga, uang itu sebagai fee yang diberikan oleh Dharnawati supaya dana PPID di sejumlah daerah transmigrasi segera cair.

Pesan Bijaksana dari Zecky Alatas untuk Kawula Muda Masa Kini
Timnas Qatar U-23 rayakan gol lawan Timnas Indonesia U-23

Jadwal Siaran Langsung dan Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Australia U-23 Malam Ini

Timnas Indonesia U-23 akan melanjutkan kiprah di Piala Asia U-23 2024 malam hari ini. Kali ini, armada Shin Tae-yong menghadapi Timnas Australia U-23.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024