Gunung Lewotobi Laki-laki Naik Jadi Waspada

Aktivitas gunung merapi dilihat dari Turgo, Sleman
Sumber :
  • Antara/ Wahyu Putro

VIVAnews -- Gunung Lewotobi Laki-laki yang terletak di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur naik status menjadi Waspada (Level 2). Kenaikan status tersebut dilakukan sejak Kamis 22 September 2011 pukul 03.00 WIB.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menjelaskan, keputusan untuk menaikkan status Lewotobi Laki-laki berdasarkan hasil pengamatan visual dan kegempaan. "Berdasarkan karakter letusannya maka ancaman bahaya letusan Lewotobi Laki-laki adalah berupa lontaran batu pijar, jatuhan hujan abu dan lahar, aliran dan guguran lava, awan panas, dan gas beracun," demikian dimuat dalam situs PVMBG, Kamis pagi.

Ada tiga kawasan rawan bencana yang ditetapkan. Yang terparah Kawasan Rawan Bencana III, yang berjarak 2 kilometer dari pusat erupsi. "Sangat berpotensi terlanda awan panas, aliran lava, guguran lava, dan gas beracun, serta kawasan yang sangat berpotensi tertimpa lontaran batu (pijar) dan hujan abu lebat."

Gunungapi Lewotobi Laki-laki pernah meletus sebanyak 21 kali sejak tahun 1650 sampai dengan 2003. Interval terpendek antar letusannya adalah 1 tahun dan terlama 29 tahun. Karakter letusan G. Lewotobi Laki-laki bersifat eksplosif dan magmatis. "Masyarakat dan wisatawan diimbau untuk tidak mendekati dan melakukan aktivitas pada radius 1 km dari kawah Lewotobi Laki-laki."

Kenaikan status Lewotobi Laki-laki menyusul sang 'istri', Gunung Lewotobi Perempuan yang dinyatakan Waspada sejak 31 Agustus 2011. (umi)

Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung
The Perfect Strangers

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi

Dari sana lah, Yessy mengembangkan cerita dan karakter dalam untuk The Perfect Strangers yang tak disangka-sangka punya banyak sekali penggemar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024