Sisi Negatif Kasus Rawagede Bagi Indonesia

Ilustrasi pembantaian Rawagede
Sumber :
  • Radio Nederland Wereldomroep

VIVAnews - Pengadilan Den Haag menyatakan Pemerintah Belanda harus bertanggung jawab atas pembantaian di desa Rawagede yang kini bernama Balongsari. Sisi positif dari putusan itu adalah korban akan mendapatkan sejumlah kompensasi dari negeri yang konon menjajah Indonesia beratus-ratus tahun itu.

Namun demikian, selain sisi positif berupa kemenangan korban Rawagede, terdapat sisi negatif dari kejadian tersebut. Sejarawan Asvi Warman Adam melihat keputusan pengadilan itu tidak memenangkan sejarah bangsa Indonesia.

"Belanda masih belum mengakui Indonesia merdeka 17 Agustus 1945. Apa yang terjadi di Rawagede dianggap sebagai persoalan antara sesama warga Belanda lainnya," katanya dalam diskusi di kantor Kontras, Jakarta, Kamis 22 September 2011.

Selain itu, momen kemenangan kasus Rawagede itu menyimpan potensi negatif lainnya. Seperti peluang gugatan yang sama terhadap pemerintah Indonesia oleh daerah bekas bagian Indonesia, Timor Leste.

"Sah-sah saja bila kalangan LSM Indonesia melakukan gugatan terhadap pemerintah Belanda. Namun jangan lupa suatu saat nanti, mungkin 10 atau 20 tahun lagi, bisa saja ada gugatan senada dari kota Dili, ibu kota negara Timor Lorosae," lanjutnya.

Asvi menambahkan Pemerintah Indonesia bisa saja diminta membayar pampasan perang dan beberapa Jenderal dapat dituntut. Jika hal itu terjadi, lanjutnya, pemerintah harus siap menghadapinya.

"Tidak ada jalan lain, kita harus selesaikan pelanggaran HAM itu. Ya kita siap sajalah," ucapnya.

Seperti diketahui, Hakim Ketua DA Schreuder secara tegas menyebut tindakan Belanda sebagai ilegal (onrechtmatig). Pengadilan menganggap Pemerintah Belanda bersalah karena membunuh warganya sendiri. Korban dianggap sebagai warga negara Belanda karena Indonesia pada saat itu masih dianggap bagian dari daerah koloni (jajahan) mereka. (umi)

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan
Endrick

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Pelatih Timnas Brasil, Dorival Junior senang dengan keberhasilan Endrick mencetak gol saat bermain imbang 3-3 dengan Timnas Spanyol dalam pertandingan uji coba, kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024