Intensitas Semburan Debu Marapi Meningkat

Gunung Marapi
Sumber :
  • Wikipedia

VIVAnews - Semburan debu vulkanik Gunung Marapi di Tanah Datar, Sumatera Barat meningkat dalam sepekan belakangan. Pusat Pemantau Gunung Marapi di Bukittinggi mencatat setidaknya terjadi 15 semburan debu vulkanik. Terakhir, semburan terjadi pada subuh kemarin.

“Intensitas semburannya meningkat, dalam sehari bisa beberapa kali menyemburkan debu vulkanik,” kata Manajer Pusdalops PB Sumbar Ade Edward pada VIVAnews.com, Kamis, 22 September 2011.

Jangkauan semburan pun tidak terlalu tinggi. “Jangkauannya tidak jauh, hanya di sekitar kaki gunung,” tambah Ade.

Menurut Ade, semburan-semburan kecil ini merupakan pelepasan energi Marapi secara bertahap. Semburan-semburan kecil ini dinilai mampu mengurangi letusan Marapi yang lebih.
 
Pada Agustus yang lalu, aktivitas vulkanik Gunung Marapi sempat meningkat tajam. Semburan debu vulkaniknya mencapai ketinggian 1 kilometer. Radius jangkauan debunya mencapai 30 kilometer.

Banyak yang Minta Rujuk Sama Natasha Rizky, Desta Respons Bijak Begini

Dia menambahkan, cuaca buruk yang terjadi sepekan membuat warga tidak bisa memantau ketinggian semburan debu vulkanik dari Marapi. Karena, puncak gunung ini sering tertutup dengan awan tebal. Saat ini, status Gunung Marapi masih pada level waspada. Laporan: Eri Naldi l Padang (adi)

Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri

Konflik Israel-Iran, Kemlu: Tidak Ada Informasi WNI yang Terdampak

Terdapat 115 WNI di Israel dan 376 WNI di Tehran.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024