Ditanya Gayus, Cirus Menangis dan Emosi

Sidang Cirus Sinaga
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Jaksa peneliti nonaktif Kejaksaan Agung, Cirus Sinaga mendadak emosional saat dirinya ditanya jaksa Penuntut umum (JPU) mengenai penerbitan P21 dalam kasus Gayus Tambunan.

Mantan Jaksa kasus Antasari Azhar yang semula tampak lemas karena penyakit diabetes yang dideritanya itu sampai berteriak dan berdiri dalam sidang pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

"Kenapa menerbitkan P21? Kenapa nggak buat cek list?" tanya jaksa Eddy Rakamto di Pengadilan Tipikor, Kamis 22 September 2011.
 
Pertanyaan itu menyulut emosi Cirus. Ia berdiri sambil berteriak, mengungkap alasannya terkait penerbitan P21 dan cek list dakwaan Gayus. “Cek list yang pertama ada, sama halnya dengan P21 karena kalaupun saya dianggap kurang itu karena saya kecapekan kasus Antasari. Wartawan selalu memburu-buru saya untuk perkara itu. Jadi saya tidak sanggup hidup," kata Cirus sambil berteriak.

Pada sidang kali ini, Cirus sering mengucurkan air mata menceritakan anak istrinya yang menderita akibat kasus yang mejeratnya. Cirus mengatakan semuanya mengejar-ngejarnya, tetapi tidak ada yang memperhatikannya. "Sakit nggak ada yang kasih obat. Hancur ini. Saudara jaksa tak pernah memberi obat kepada saya," keluhnya sambil berdiri dan menunjuk ke arah jaksa penuntut umum.

Melihat hal tersebut, Ketua Majelis Hakim Albertina Ho pun sampai memperingatkan Cirus agar tenang. Ia pun langsung memerintahkan agar persidangan dihentikan sementara dan terdakwa diberi minum.

"Kalau berteriak-teriak, akibatnya bagi saudara nggak baik. Sidang saya skors dulu," ujar Albertina.

Kemudian persidangan pun dihentikan sekitar 2 menit. Namun meski sidang telah dihentikan, saat diberi minum Cirus masih saja ingin menyampaikan keluh kesahnya dihadapan majelis hakim. (umi)

Soal Koalisi Besar, AHY Sebut Prabowo Punya Pertimbangan Matang
Kantor Google.

7 Rahasia Google

Google merupakan salah satu search engine yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Meski setiap hari digunakan, mungkin belum banyak orang yang mengetahui.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024