Jenazah TKI Kikim Segera Dipulangkan

Jumhur Hidayat menyalami TKI
Sumber :
  • Antara/ Benny S Butarbutar

VIVAnews - Jenazah Kikim Komalasari binti Uko Marta, Tenaga Kerja Indonesia asal Babakan Hummat, Desa Mekarwangi, Haurwangi, Cianjur, Jawa Barat yang tewas dibunuh majikannya di Saudi Arabia segera dipulangkan ke Indonesia. Kikim dibunuh majikannya di Kota Abha pada 5 November 2010.

Menurut Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), jenazah Kikim akan dipulangkan dengan pesawat Garuda nomor penerbangan 981 dan direncanakan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada 29 September 2011 pukul 10.00 WIB.

“Hari ini saya mendapat kabar tersebut dari Pak Humprey Jemat (anggota Satgas TKI), yang menyampaikan rencana pemulangan jenazah almarhumah Kikim ke Indonesia,” kata Ketua BNP2TKI, Jumhur kepada VIVAnews.com, Jumat 13 September 2011.

Menurut Jumhur, sesuai permohonan pihak keluarga kepada BNP2TKI yang diwakili keluarga pada 23 November 2010, jenazah Kikim akan langsung dimakamkan di tempat asalnya di Cianjur. BNP2TKI sendiri akan secepatnya berkoordinasi dengan keluarga almarhumah mengenai rencana dipulangkannya jenazah Kikim.

Jumhur mengatakan, almarhumah Kikim telah mendapatkan hak-haknya berupa santunan asuransi kematian sebesar Rp55 juta dari perusahaan asuransi TKI Damman Syamil. Selain itu, Kikim mendapat pembayaran 17 bulan gaji dari perusahaan yang memberangkatkannya, PT Bantal Perkasa Sejahtera. "Termasuk untuk biaya pemakaman," kata Jumhur.

Kikim Komalasari diberangkatkan ke Arab Saudi pada 15 Juni 2009 dan bekerja pada keluarga Shaya Said Ali Al Gahtani di Kota Abha sebagai TKI Penata Laksana Rumah Tangga. Ia meninggal secara mengenaskan akibat pukulan benda tumpul, kemudian mayatnya ditemukan di pinggiran jalan Serhan, bagian jalan utama Gharah, Abha, tiga hari sebelum Idul Adha (5 November 2010).

Kepolisian setempat yang menangani kematian Kikim tak berpa lama membekuk majikannya, Shaya Said Ali Al Gahtani. Shaya kemudian ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Kikim dan diadili dengan ancaman qishash (hukuman mati).

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Kikim meninggalkan satu anak perempuan dan dua laki-laki, yakni Yosi Nurmalasari (18), Galih Permadi (10), serta Fikri Agustian (5).

Pelatih Inter Milan, Simone Inzaghi

Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho Usai Inter Milan Juara Liga Italia

Inter Milan memastikan Scudetto Serie A musim 2023/2 usai menekuk rival sekota AC Milan 2-1. Prestasi itu membuat Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024