Kemacetan Bandung Bisa Diakses Lewat CCTV

Ilustrasi Kemacetan lalu lintas di Nagrek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Sumber :
  • Antara/Agus Bebeng

VIVAnews - Untuk mengatasi kemacetan di kota kembang, Bandung, perusahaan pelopor jasa internet di Bandung, Melsa, memanfaatkan teknologi internet melalui kamera CCTV berbasis IP (Internet Protocol). Usaha yang ditampilkan di situs Bandung247.com itu dimulai pada 2008.

“Awalnya hanya ada tujuh kamera dan fasilitas itu hanya bisa diakses oleh pengguna Melsa,” kata Managing Director Melsa, Heru Nugroho kepada VIVAnews.com, Jumat malam 23 September 2011.

Namun, dua bulan lalu, pihak Melsa memutuskan untuk menyediakan layanan Bandung247.com itu secara gratis untuk kalangan umum. Kamera CCTV yang tadinya hanya berjumlah tujuh pun kini berkembang menjadi 20 titik.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Kamera tersebut dipasang di kantong-kantong kemacetan Bandung, seperti daerah Pasteur dan Cipaganti. Bahkan, situs tersebut kini sudah dapat diakses melalui telepon genggam maupun BlackBerry.

Melsa berkomitmen untuk terus menambah titik kameranya dengan menggandeng mitra pemilik lokasi strategis lainnya, sehingga diharapkan dapat mencapai angka minimal 50 titik kamera hingga akhir tahun ini dan 200 titik pada 2012 agar pemanfaatan fasilitas tersebut dioptimalkan dan diperluas ke berbagai bidang. (art)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, sebagai Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024