Bom Solo, Gereja di Ambon Dijaga Ketat

Kerusuhan Ambon
Sumber :
  • ANTARA/Izaac Mulyawan

VIVAnews -- Bom bunuh diri mengguncang Solo Mingggu pagi. Sasarannya, rumah ibadah, Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton. Sebanyak 24 jemaat gereja luka-luka, sedangkan pelaku tewas mengenaskan.

Insiden itu tepat dua minggu pasca bentrok di Ambon, yang menewaskan sejumlah orang. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkop Polhukam) Djoko Suyanto mengatakan, aparat mencari puzzle untuk merangkai kejadian yang baru saja terjadi di Solo apakah ada hubungan dengan kejadian teror di beberapa wilayah seperti Cirebon, Ambon atau Pekalongan.

Sementara, pasca bom di Solo, pengamanan sejumlah gereja di Ambon diperketat. Pantauan VIVAnews, Gereja Silo di Jalan Dr Tamaela dijaga ketat oleh Brimob Polda Maluku. Begitu juga dengan Gereja Rebohot yang dijaga pasukan TNI.

Untuk diketahui, pasca bentrok di Ambon, aparat keamanan masih terus disiagakan, meski jumlahnya berkurang. Anggota TNI ditugaskan menjaga daerah perbatasan dua kelompok. Sementara, pihak Polri lebih banyak berpatroli.

Dalam pernyataan sikapnya terkait bom Solo yang disampaikan Minggu malam, Presiden SBY juga menyinggung soal Ambon.

Kata Yudhoyono, kasus Ambon adalah pelajaran berharga. "Yang diperlukan adalah kecepatan tindak. Pasukannya jangan tanggung-tanggung untuk mencegah hal-hal yang tidak perlu terjadi," kata dia.

Presiden ingin, persoalan di Ambon diselesaikan secara tuntas. "Pemda, termasuk polisi daerah, komando teritorial untuk kembalikan situasi Ambon yang normal dan pulih. Saya tahu ada provokasi dan agitasi lewat berita SMS, saya minta lakukan tindakan hukum," tegas Yudhoyono. " Negara ini bahaya kalau ada provokasi agitasi dan berita-berita bohong. Negara manapun ingin negaranya tidak telanjang dan lakukan yang bisa kita cegah."

Presiden Susilo juga mengatakan, investigasi awal, bom di Solo diduga terkait jaringan yang beraksi meledakaan bom di tengah Salat Jumat di Masjid Mapolresta Cirebon. (sj)
 
Laporan: Abdul Karim| Ambon

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024