Bom Tak Buat Delegasi Iran Takut ke Solo

korban ledakan bom solo
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVAnews - Pertemuan Asian Parliamentary Assembly (APA) di Hotel The Sunan Solo tetap akan digelar meskipun bom bunuh diri meledak di Gereja GBIS Kepunton Solo, Minggu kemarin. Untuk itu polisi akan melakukan penjagaan yang ketat dalam ajang pertemuan tingkat internasional.

Public Relation Manager Hotel The Sunan Solo, Retno Wulandari mengatakan pertemuan Asian Parliamentary Assembly tetap berlangsung dan tidak terpengaruh dengan ledakan bom bunuh diri.

"Semua delegasi dari negara-negara Asia tetap akan menghadiri pertemuan tertsebut. Bahkan, delegasi Iran sudah datang di hotel. Selain Iran, delegasi Turki juga hadir sore ini," kata dia kepada VIVAnews.com, Senin, 26 September 2011.

Lebih lanjut dia mengungkapkan persiapan untuk pelaksanaan pertemuan Asian Parliamentary Assembly telah siap. "Persiapan sudah final semua," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Djihartono menjelaskan bahwa kegiatan pertemuan tersebut tetap akan berlangsung sesuai dengan jadwal semula. "Ada 73 delegasi dari 41 negara yang akan hadir dalam pertemuan itu," sebutnya.
 
Mengenai pengamanan, dia menyebutkan  kepolisian  telah menyiapkan 640 personel untuk pengamanan. Selain itu juga telah berkoordinasi dengan instansi militer jika sewaktu-waktu dibutuhkan. "Kami tidak ingin acara ini menjadi pintu masuk bagi pihak-pihak yang akan merusak suasana," papar  dia.
 
Polisi juga akan melakukan sterilisasi secara ketat kepada tamu yang akan masuk ke hotel tempat acara tersebut. "Nanti acara akan dibuka dengan kirab," ujarnya.

Terpisah Walikota Solo, Joko Wido dengan tegas menyatakan bahwa pertemuan tetap berlangsung, tidak ada pembatalan. "Iran saja sudah datang dan delegasinya banyak banget. Hingga hari ini belum ada delegasi yang membatalkan," papar dia.

Rabu mendatang akan dilakukan kirab antar lintas agama. "Kirab tersebut digabungkan dengan karnaval Asian Parliamentary Assembly. Dengan kirab kita tunjukkan bahwa Solo itu tetap aman dan kondusif," ujarnya. (sj)

Laporan: Fajar Sodiq| Solo

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024
Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024