Anak Ruyati: Kembalikan Jasad Ibu Saya

Aksi Untuk Ruyati
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pedang algojo Arab Saudi mengakhiri hidup Ruyati Binti Satubi, tenaga kerja wanita asal Indonesia, pada 18 Juni 2011. Eksekusi tersebut dilakukan dilakukan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Berita duka baru sampai ke keluarga beberapa hari kemudian. Tak ada wasiat yang disampaikan, apalagi kesempatan untuk bertemu untuk terakhir kalinya.

Puteri Ruyati, Een Nuraenah, punya satu harapan terakhir: jasad ibunya dipulangkan dan dimakamkan di kampung halamannya. Ia menyatakan, akan terus menuntut tanggung jawab negara memulangkan jasad ibunya.

"Saya sebagai warga negara berhak menggugat pemulangan jenazah ibu oleh pemerintah. Tidak perduli bagaimana nanti kondisinya, kami akan menerima," kata Een di Kantor Migrant Care, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa 27 September 2011.

Seperti diketahui, Ruyati didakwa membunuh seorang perempuan Arab Saudi. Dalam persidangan, Ruyati mengakui perbuatannya. Keluarga korban, Khairiyah Hamid binti Mydlid tidak mau memaafkannya sehingga qishas pun dijatuhkan padanya.

Een bercerita sejak awal ibunya menjalani proses persidangan, pemerintah tidak melakukan pendampingan hukum dengan serius. Ia juga mengaku belum mendapatkan surat salinan berkas perkara mengenai proses pengadilan Ruyati

"Jika surat-surat itu ada, kami minta ditunjukkan kepada publik. Siapa nama orang yang mendampinginya, karena bisa saja ibu memberikan pesan-pesan terakhirnya sebelum dihukum pancung," lanjutnya dengan emosi.

Sejauh ini, pemerintah melalui Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, menjanjikan pemulangan jenazah Ruyati. Namun, hal tersebut cukup sulit karena terbentur persoalan prosedur dan aturan di sana.

"Kami sudah mengirim surat secara langsung kepada Raja Abdullah pada Agustus lalu. Kami juga harapkan pemerintah, khususnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dapat membantu kami dengan melakukan pembicaraan secara head to head dengan pemerintah Arab Saudi. Dan semoga mereka  mau dan  berhasil," kata Een.

Rupiah Mulai Perkasa Seiring Meredanya Konflik Israel-Iran
Daihatsu All New Xenia.

Daftar Harga Daihatsu Xenia Bekas dan Pajak Tahunannya

Di tengah gempuran mobil-mobil baru dengan teknologi canggih dan fitur mewah, Daihatsu Xenia masih kokoh hadir sebagai kendaraan MPV di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024