Kebakaran KM Kirana Dipicu Botol Parfum?

Truck Terbakar di Kapal KM Kirana IX
Sumber :
  • ANTARA/Eric ireng

VIVAnews - Dunia pelayaran di Indonesia kembali tercoreng. Untuk kelima kalinya, dalam waktu satu bulan, kembali terjadi kecelakaan kapal. Pagi tadi pukul 06.15 WIB, KM Kirana IX terbakar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Api melalap sebagian kapal yang hendak bertolak ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Akibatnya, maut. Sedikitnya delapan penumpang kapal tewas.

Apa yang menjadi pemicu kebakaran, belum diketahui pasti. Namun dugaan mengarah ke sebuah benda mirip botol parfum di kabin truk bernomor B 3231 TDA.

"Penyebab kebakaran diduga dari benda yang berada di kabin truk di dalam kapal tersebut. Tapi, itu belum bisa disimpulkan masih menunggu pemeriksaan dari Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Jayadi Rabu, 28 September 2011.

Dijelaskan, di tempat itulah asal api hingga berlanjut menjadi kobaran api. "Karena di tempat itu didapati kobaran api paling besar dibanding tempat yang lainnya," lanjutnya.

Pihaknya juga mengaku belum mengetahui jenis dan nama benda tersebut yang diduga sebagai asal api. "Tunggu saja, sekarang barang bukti telah dibawa ke laboratorium forensik," tegas AKBP Jayadi.

Saat ini, proses evakuasi korban masih dilakukan. Tim Basarnas sedang mencari penumpang kapal yang diduga menceburkan diri ke laut, saat musibah terjadi. Sementara, para korban tewas telah dilarikan ke RSU dr Soetomo, satu dari mereka belum diketahui namanya.

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya

Pengakuan Chandrika Chika ke Ibunya: Gak Tau Vape yang Dihisap Ada Narkobanya
Tersangka kasus narkoba bareng Selebgram Chandrika Chika

Polisi Ungkap Alasan Chandrika Chika Konsumsi Ganja: Bukan Doping Tapi Circle Pergaulan

Selebgram Chandrika Chika ditangkap bersama 5 orang temannya terkait kasus penyalahgunaan narkoba jenis ganja.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024