Menhub: Kebakaran KM Kirana Bukan Sabotase

Menteri Freddy Numberi
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Dalam sebulan terakhir terjadi lima kecelakaan kapal laut. Terakhir, Kapal Kirana IX terbakar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Menteri Perhubungan, Freddy Numberi mengatakan, untuk kejadian di Surabaya disebabkan terbakarnya mesin mobil yang terbakar dari mobil. "Kapal tidak kenapa-kenapa, sprinkler system bekerja cuma karena masyarakat panik, mereka keluar saling injak," kata Freddy, di Istana Presiden, Rabu 28 September 2011.

Menurut Freddy, belajar kejadian terbakarnya kapal pagi tadi diharapkan penumpang mematikan mesin dan dikontrol dengan baik. "Karena begitu naik ke atas kapal tanggung jawab ada di nahkoda. Jadi kewenangan-kewenangan sudah ada jelas di masing-masing tataran," ujarnya.

Freddy membantah kejadian di Tanjung Perak pagi tadi karena usia kapal yang sudah tua. "Bukan, kalau di Surabaya itu karena mobil terbakar bukan kapal," kata dia

Lebih lanjut dia mengatakan, penyebab kecelakaan tersebut bukan akbibat sistem transportasi. "Human error itu, bukan karena sistem transportasi," kata dia. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini juga membantah adanya sabotase. "Tidak ada itu murni human error saja," ucap Freddy

Dia menambahkan. pihaknya sudah mengirimkan maklumat ke seluruh Indonesia unit pelaksana teknis pelabuhan di lapangan harus meningkatkan kewaspadaan.  "Koordinasi dengan nahkoda supaya nahkoda lebih teliti lagi dalam membawa kapal ataupun muatan yang masuk ke kapal," ujarnya. Dengan demikian, diharapkan keamanan lebih terjamin.

Terbakarnya KM Kirana IX mengakibatkan delapan orang tewas serta puluhan korban luka-luka. Maut terjadi karena kepanikan korban, ada yang tewas karena terinjak, atau nekat terjun ke laut. (eh)

Tangan Diborgol, Pengemudi Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal Tertunduk Lesu di Kantor Polisi
Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya)

Beredar Foto Sempat Bertemu PM Israel Netanyahu, Gus Yahya: Pertemuan Diplomatik

Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya buka suara usai beredar foto di sosial media terkait dengan pertemuannya dengan PM Israel Benjamin Netanyahu.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024