2 Tahun Gempa Usai, 54.000 Rumah Masih Rusak

Yarjunaini bertahan di rumah rusak karena gempa Pariaman 30 09 2009
Sumber :
  • Antara/ Iggoy el Fitra

VIVAnews - Total penggunaan anggaran rehabilitasi dan rekonstruksi Sumatera Barat pasca gempa 7,9 Skala Richter 30 September 2009 lalu mencapai Rp5 triliun. Dana tersebut merupakan hasil validasi perbaikan Sumbar dari beberapa pihak temasuk swasta.

"Ini hasil validasi dan klarifikasi penggunaan dana dalam rencana aksi hingga tahap tiga selesai tahun 2011," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumbar Harmensyah pada VIVAnews, Kamis, 29 September 2011.

Sesuai rencana aksi yang disetujui sejumlah instansi di tingkat pusat, total biaya rehabilitasi dan rekonstruksi mencapai Rp6,4 triliun. Dari hasil validasi tahap 3 tersebut, sisa dana untuk perbaikan rumah dan sejumlah fasilitas yang rusak akibat gempa dua tahun lalu menyisakan anggaran Rp1,4 triliun.

Sesuai jumlah anggaran perbaikan Sumbar yang disetujui pusat, tercatat sebanyak 181 ribu rumah mengalami rusak berat, sedang, dan ringan. "Sisa dana ini yang kita harapkan cair pada tahap empat untuk menyelesaikan rencana aksi yang masih meninggalkan puluhan ribu rumah," ujar Harmensyah.

Untuk saat ini, sekitar 54 ribu rumah masih terdatat belum tersentuh bantuan perbaikan perumahan. Jumlah ini diakui Harmensyah membengkak sekitar 20 ribu rumah karena menurut data awal yang disetujui pusat sisa rumah yang belum tersentuh bantuan sekitar 34 ribu rumah.

"Dengan bantuan tahap tiga sebesar Rp300 miliar ini, hanya bisa memperbaiki sekitar 20 ribu rumah, sisanya (14 ribu rumah) akan dimasukkan pada anggaran tahap berikutnya," katanya. Terkait penambahan jumlah data rumah rusak baru, ia mengaku, tetap mengajukan penambahan anggaran ke pusat.

Gempa 7,9 Skala Richter yang mengguncang Sumbar dua tahun lalu sedikitnya menewaskan sekitar 1.117 orang. Menurut data BPBD Sumbar, ratusan ribu rumah rusak berat hingga ringan. (Laporan Eri Naldi | Padang, umi)

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi
Hwang Sun-hong,

Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024. Duel berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat dini hari

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024