Demo Menuntut PAW Politisi PDIP Ricuh

Ilustrasi-Simpatisan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Demo menuntut PAW kader PDIP yang duduk di DPRD Bali, I Wayan Sukaja, berlangsung ricuh. Kericuhan itu terjadi manakala kader dan simpatisan PDIP berusaha menerobos barikade polisi untuk bertemu dengan Ketua DPRD Bali.

Massa yang berjumlah 700-an orang itu sempat adu dorong denga aparat kepolisian. Aksi dipimpin langsung Ketua DPC PDIP Tabanan, Ketut Suryadi.

Beruntung, aksi tersebut tak berlangsung lama, karena emosi massa yang memuncak bisa diredakan. Dalam keterangannya, Koordinator Lapangan (Korlap) demo, I Wayan Dika Sumantra mengatakan, kedatangan mereka hendak mendorong agar I Wayan Sukaja segera diberhentikan.

“Kami mendesak agar Sukaja segera dipecat dari DPRD Bali. Kami meminta sekarang juga Sukaja harus dipecat. Dia adalah kader yang membangkang dari keputusan DPP PDIP. Kami meminta agar pemecatan Sukaja hari ini juga harus tuntas,” kata Dika, di Gedung DPRD Bali, Kamis 29 September 2011.

Menjawab hal itu, Wakil Ketua DPRD Bali, Ketut Suwandhi mengaku sudah memproses surat pemecatan Sukaja dari DPD PDIP Bali. “Kami sudah tindak lanjuti surat pemecatan Sukaja dengan mengajukan PAW terhadap dia," ujarnya.

Pakar Sebut Kehadiran Anies di KPU Tunjukkan Komitmen Prinsip Bernegara dan Berdemokrasi

"Tetapi, KPUD Bali belum bisa memprosesnya karena gugatan hukum Sukaja belum memiliki kekuatan hukum tetap. Pun halnya dengan Mendagri. Surat yang kami layangkan dijawab seperti apa yang disampaikan KPUD Bali,” kata politisi gaek Partai Golkar ini.

Sukaja merupakan kader PDIP asal Kabupaten Tabanan. Pada Pemilukada Tabanan yang digelar 2010, Sukaja tidak mendapat rekomendasi dari DPP PDIP. Ia memutuskan untuk maju melalui Partai Golkar. Ia kalah tipis.

Sukaja menengarai kekalahannya lantaran politik uang yang bermain. Ia pun mengadukan hal itu kepada Panwaslu setempat, dan mengajukan gugatan kepada Pengadilan Negeri Tabanan.

Ia pun dipecat dari keanggotaan PDIP Bali. Atas hal itu, peraih suara terbesar kedua se-Indonesia pada Pemilu 2009 lalu itu kembali menggugat PDIP secara perdata dan melaporkannya secara pidana. (Laporan Bobby Andalan | Bali)

Logo TikTok.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden resmi menandatangani undang-undang pemblokiran TikTok, jika ByteDance tidak bisa memenuhi syarat yang diwajibkan oleh AS.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024