SAR: Sinyal SOS Jadi Penunjuk Pesawat Jatuh

pesawat cassa 212
Sumber :
  • fas.org

VIVAnews - Pesawat nahas Cassa 212 milik maskapai swasta PT Nusantara Buana Air dipastikan jatuh di Kabupaten Bahorok, Sumatera Utara. Pesawat jatuh di gunung kapur di Desa Batu Katak.

Kepastian pesawat jatuh itu karena adanya pancaran sinyal dari pesawat yang mengangkut 14 penumpang dan 4 kru pesawat. Pancaran sinyal itu dikeluarkan dari perangkat Emergency Locater Transmiter (ELT) secara otomatis dari pesawat yang mengalami benturan kuat.

Sinyal pesawat akan diterima LUT atau Locater User Terminal di Kantor Pusat SAR di Jakarta. Kemudian, Kantor SAR Jakarta mengirimkan kabar itu ke Medan.

"Setiap pesawat dilengkapi ELT. Kami dapat kabar pesawat itu bukan dari Pihak Penerbangan, melainkan dari berita sinyal itu," kata Kepala Seksi Operasi SAR Medan, Suhri Noster Nobertus Sinaga, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Kamis 29 September 2011.

Menurut Suhri, pancaran sinyal itu bukan diaktifkan oleh pilot. Karena alat itu bukan berada di sekitar kokpit pesawat, melainkan berada di sebuah tempat khusus.

Gerindra Akui Agenda Pertemuan Prabowo dengan Megawati Sedang Disusun

"Ini kemungkinan jatuh keras. Kalau terjadi benturan keras maka akan memancarkan sinyal, bukan diaktifkan," kata Suhri. Tim SAR berharap, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Suhri menyebut, akses menuju lokasi kejadian bisa dilakukan dengan jalan darat. Lama waktu menuju lokasi kejadian dari Kota Medan sekitar 1,5 jam. "Tim SAR kami kirim lewat darat," kata dia. 

Honda Kenalkan 3 Mobil Listrik Terbarunya Ye Series, Siap Jegal BYD

Tim SAR Medan mengirimkan dua tim ke lokasi kejadian. Satu tim terdiri dari enam orang. Mereka sudah membawa peralatan evakuasi gunung-hutan.

Sebelumnya Staf Kantor SAR Aceh, Dwi Hetno, menyebut dugaan lokasi jatuhnya pesawat. "Koordinat jatuhnya pesawat di  03 derajat 23 menit knot. Itu wilayah Bahorok, Labupaten Langkat," kata Dwi. (umi)

Heboh Daud Kim Beli Tanah Untuk Bangun Masjid, Ternyata Hanya Untuk Konten?
Petugas mengangkut barang milik pedagang pasar kutabumi

Aksi Pelemparan Batu Warnai Pembongkaran Pasar Kutabumi Tangerang

Aksi pelemparan batu mewarnai proses pembongkaran bangunan pasar dalam revitalisasi Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Kamis, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024