Kemkominfo Juara Keterbukaan Informasi Publik

Tifatul Sembiring
Sumber :
  • Vivanews/ Tri Saputro

VIVAnews - Komisi Informasi Pusat (KIP) memberikan penghargaan kepada 10 badan publik terbaik dalam mengimplementasikan prinsip keterbukaan informasi publik melalui situs masing-masing.

"Dalam UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik mengharuskan kementerian secara berkala mengumumkan informasi, diminta atau tidak diminta. Informasi yang wajib dinfokan itu diatur dalam peraturan komisi informasi," ujar Komisioner Bidang Kelembagaan KIP Alamsyah Saragih di Jakarta, Kamis, 29 September 2011.

Menurut Alamsyah, pemberian penghargaan tersebut berdasarkan informasi tentang regulasi keuangan, kinerja, dan profil kementerian dalam website masing-masing lembaga.

Setelah KIP melakukan pemantauan dan penilaian terhadap 82 badan publik negara selama jangka waktu 2010-2011, terpilih 10 badan publik terbaik, yakni:

1. Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) dengan nilai 68,0

2. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan nilai 62,9

3. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dengan nilai 57,2

4. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan nilai 57,0

5. Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) dengan nilai 53,9

6. Mahmakah Agung (MA) dengan nilai 51,0

7. Kementerian Pertanian (Kementan) dengan nilai 51,0

8. Kejaksaan Agung (Kejagung) dengan nilai 50,6

9. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan nilai 50,2

10. Kementerian Perhutanan (Kemenhut) dengan nilai 49,4

Alamsyah menjelaskan situs Kemenkominfo mampu memberikan informasi terkait regulasi, kinerja, laporan keuangan yang lebih baik dibanding situs badan publik lainnya sehingga dinilai layak menjadi juara.

Hasil penilaian ini, kata dia, akan diteruskan kepada Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4).

"Kami tidak tahu apakah ini akan dijadikan bahan evaluasi mereka atau tidak. Yang jelas kami ada kerja sama tukar-menukar informasi dengan UKP4," ungkapnya.

Hasil penilaian ini diharapkan KIP mampu mendorong badan-badan publik lainnya untuk lebih lagi menyampaikan informasi secara terbuka kepada masyarakat. (kd)

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat
Chandrika Chika

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Usai resmi ditahan, orangtua Chandrika Chika langsung menjenguk sang putri. Ibunda Chandrika Chika, Poppy Putry, mengungkapkan bahwa anaknya dalam keadaan yang baik.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024