Anggaran BIN Naik Rp200 Miliar, Untuk Apa?

Sutanto
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - DPR menyetujui kenaikan anggaran Badan Intelijen Negara (BIN) sebesar Rp200 miliar, dari Rp1,2 triliun menjadi Rp1,4 triliun.

Untuk apa penambahan anggaran itu? Kepala BIN, Sutanto, menyatakan, peningkatan Rp200 miliar akan digunakan untuk meningkatkan kegiatan pengawasan intelijen.

"Tugas ke depan ini tantangan makin berat. Semua aspek. Tak hanya masalah keamanan tapi semua ancaman, mulai dari bidang ekonomi dan sebagainya," ujar Sutanto di DPR RI, Jakarta, Kamis 29 September 2011.

BIN diharapkan mampu mendeteksi berbagai ancaman dari dalam negeri maupun luar negeri. Oleh karena itu, menurut Sutanto, penggunaan anggaran difokuskan pada kinerja pengawasan tersebut, bukan untuk menambah personel.

"(Anggaran) tidak cukup kalau untuk menambah personel. Ini kan kegiatan bertambah, ya luar negeri akan kita tingkatkan tentunya. Jadi tidak hanya dalam negeri saja," kata Sutanto.

Selaku lembaga negara yang menjadi koordinator kegiatan intelijen, BIN mendapat tugas yang cukup berat. Meski begitu, Sutanto menambahkan, kenaikan anggaran Rp200 miliar untuk intelijen itu dirasa cukup, mengingat kondisi keuangan negara.

"Kita menyadari juga masih banyak sektor lain yang memerlukan prioritas. sementara ini dengan (anggaran) yang ada kita cukupkan," kata Sutanto.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq mengatakan, kenaikan Rp200 miliar untuk BIN tidak terlalu besar. Dia menambahkan, Komisi I mendorong agar BIN bisa meningkatkan kemampuan dan kinerja bidang intelijen.

"Jadi kita dorong BIN ini tidak hanya fokus pada persoalan keamanan, tapi juga pada persoalan ekonomi, pangan, lingkungan hidup, dan energi. Ya termasuk masalah cyber crime. Jadi penambahan anggaran juga terkait dengan perluasan bidang dan wilayah kerja dan untuk biaya operasional," jelas dia Mahfudz.

Sebelumnya, peran intelijen menjadi sorotan, dianggap kecolongan sehingga bom bunuh diri meledak di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS), Solo, Minggu 25 September 2011. (umi)

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024
Salshabilla Adriani.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Menyadari posisinya kini tengah menjadi sorotan, Salshabilla Adriani memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa ia tidak menyangka tiba-tiba terseret gosip miring.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024