SBY Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila

Monumen Pancasila Sakti
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pukul 08.00, pada Sabtu, 1 Oktober 2011. Upacara dilangsungkan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Dijadwalkan hadir dalam upacara, seluruh jajaran kabinet Indonesia Bersatu jilid II, Kepala Polri, Panglima TNI, pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat, pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat, pimpinan Dewan Perwakilan Daerah, pimpinan lembaga tinggi negara, dan perwakilan negara sahabat.

Hari Kesaktian Pancasila adalah agenda rutin Kepala Negara sejak Soeharto menjadi Presiden. Upacara ini kontroversial karena sejarawan Asvi Warman Adam menyatakan, tak ada dasar hukum pelaksanaannya.

Upacara ini berkaitan dengan peristiwa 30 September 1965, ketika sejumlah jenderal diculik dan dibawa ke lokasi upacara digelar. Pemerintahan Orde Baru kemudian memperingati kematian jenderal-jenderal itu pada keesokan harinya sebagai Hari Kesaktian Pancasila. (umi)

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024