Menteri Agama Sambut Asistensi KPK

Sidang Departemen Agama
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaporkan tiga kementerian kepada presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait perbaikan sistem. Kementerian tersebut yakni Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Pendidikan Nasional.

Langkah KPK tersebut, disambut baik Kementerian Agama. "Setuju kalau KPK mau memberikan asistensi di dalam membangun sistem di kementerian, saya sangat setuju," kata Menteri Agama Suryadharma Ali, usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu, 1 Oktober 2011.

Bahkan, ia beranggapan bahwa langkah KPK mau turun memberikan asistensi di Kementerian Agama cukup positif. "Saya kira bagus dan itu bukan preseden buruk," tutur Suryadharma.

Suryadharma mengaku KPK menyorot sejumlah sistem di kementerian, terutama pelaksanaan haji. Antara lain, pelaksanaan haji ketika masanya Menteri Agama Said Agil Munawar. "Kemudian, yang berkaitan dengan peraturan, UU, tenaga kerja yang dianggap kurang capable seperti di bagian keuangan yang memilki latar belakang akuntansinya sedikit," tuturnya.

Namun, dia menyarankan, bila KPK memberikan asistensi di Kemenag, sebaiknya hal itu menyangkut segala macam bentuk perbaikan sistem manajemen, terutama pengelolaan keuangan. "Jadi, agar ada tindakan-tindakan pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi," kata Suryadharma.

Sudah ada tanggapan dari presiden soal laporan KPK? Suryadharma mengatakan bahwa presiden meminta ditindaklanjuti apa yang menjadi harapan KPK. "Jadi, intinya kita terbuka untuk KPK," tuturnya. (umi)

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 
Kecelakaan beruntun akibat truk yang ugal ugalan terjadi di Gerbang Tol (GT) Halim, Jakarta Timur, Rabu 27 Maret 2024.

Polisi Bongkar Sifat Sopir Truk Ugal-ugalan yang Sebabkan Kecelakaan di GT Halim

Polisi mengaku masih kesulitan memeriksa sopir ugal-ugalan yang menyebabkan kecelakaan beruntun di gerbang tol Halim.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024