Zona Bahaya Anak Krakatau 2 Km

Anak Gunung Krakatau
Sumber :
  • volcano.si.edu

VIVAnews - Gunung Anak Krakatau gempa ribuan kali. Statusnya telah ditingkatkan menjadi "siaga" sejak 30 September 2011. Namun demikian, masyarakat yang berada di dekat gunung ini diimbau untuk tidak panik.

"Untuk masyarakat yang berada di Pantai Banten dan daerah lain yang dekat dengan Anak Krakatau, tenang-tenang saja. Tidak perlu panik," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono, kepada VIVAnews.com, Senin 3 Oktober 2011.

Menurut Surono saat ini zona berbahaya baru ditetapkan dalam radius 2 kilometer dari gunung. "Saat ini Gunung Anak Krakatau tertutup. Jangan dikunjungi dulu," kata dia.

Sebelumnya, berdasarkan pengamatan dari pos pemantau di Pasauran, Banten pada Minggu 2 Oktober 2011, terjadi gempa hingga ribuan kali. Sejak pukul 00.00 WIB hingga 18.00 WIB terekam ada 4.291 gempa vulkanik dalam dan dangkal. Aktivitas kegempaan tersebut terbilang tinggi.

Berdasarkan pantauan visual, tidak teramati adanya kepulan asap dan letusan. Selain itu juga tidak terlihat adanya lontaran material pijar. (kd)

ODGJ Ngamuk di Cengkareng Mau Tikam Kakanya Sendiri, Ternyata Kabur dari Dinsos
Menaker Ida Fauziyah.

Program Nasional K3 2024-2029 Diluncurkan, Menaker Ida Sebut Agar Maksimal Genjot Pembangunan

Menaker Ida menegaskan pentingnya keselamatan kerja dalam kegiatan usaha di Indonesia agar dapat maksimal dalam upaya mendongkrak laju perekonomian.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024