Aktivitas Anak Krakatau Terus Meningkat

Anak Gunung Krakatau
Sumber :
  • volcano.si.edu

VIVAnews - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terus memantau aktivitas Gunung Anak Krakatau. Dalam enam jam terakhir, telah terjadi lebih seribu kali gempa di gunung yang berada di Selat Sunda ini.

"Pada tanggal 4 Oktober 2011 ini, sejak pukul 00.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB telah terjadi 1.285 gempa. Itu hanya dalam waktu enam jam," kata Kepala PVMBG, Surono kepada VIVAnews.com.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

"Pantauan visual saat tidak tertutup kabut, tidak terlihat asap yang mengkhawatirkan."

Menurut Surono, aktivitas anak krakatau ini belum menunjukkan adanya tanda-tanda penurunan  sejak statusnya ditingkatkan menjadi siaga pada Jumat 30 September yang lalu. "Intensitas kegempaan masih sangat tinggi," kata dia.

Dia menambahkan, pada 30 September, dalam satu hari telah terjadi sekitar 6.528 gempa pada Gunung Anak Krakatau. Tanggal 1 Oktober terjadi 6.281 gempa, tanggal 2 terjadi 5.773 gempa, dan pada tanggal 3 September telah terjadi 6.806 kali gempa. "Belum ada tanda penurunan aktivitas Anak Krakatau," kata dia.

Namun demikian, dia meminta masyarakat yang berada di sekitar gunung ini untuk tidak panik. Pemerintah akan terus menginformasikan perkembangan aktivitas Gunung Anak Krakatau ini. "Kita terus melakukan pantauan dari dua titik, di Banten dan Lampung,"kata dia. (umi)

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional
Infografik Obat Kuat Pria

Terpopuler: Tentang Nafkah Anak Laki-laki yang Sudah Baliqh sampai Masalah Obat Kuat

Round-up dari kanal Lifestyle pada Jumat, 26 April 2024. Salah satunya tentang penjelasan dokter Boyke tentang obat kuat yang tidak bereaksi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024