Palabuhan Ratu, Daerah Favorit Imigran Gelap

Objek wisata pantai Karanghawu, Cisolok, Sukabumi
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVAnews – Aparat imigrasi Sukabumi kembali menangkap imigran-imigran gelap asal Iran dan Irak yang hendak menyeberang untuk mencari suaka ke Australia.

Pantai selatan Sukabumi rupanya kerap menjadi sasaran para imigran gelap. “Para pencari suaka ini memanfaatkan kedekatan jarak antara kawasan Pantai Palabuhan Ratu dan Australia. Apalagi kondisi masyarakat Kabupaten Sukabumi cenderung permisif,” ungkap Plt. Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, I Ketut Arief kepada VIVAnews.

Menurutnya, kawasan pantai selatan Sukabumi, terutama Palabuhan Ratu, mempunyai kondisi geografis dan demografis yang ideal untuk menyeberang ke Australia. “Sepertinya imigran itu melintas lewat sindikat internasional. Dari pola dan keterangan yang kami kumpulkan, mereka mempunyai hubungan komunikasi minimal di tiga kawasan, yaitu  Indonesia, Timur Tengah, dan Australia,” kata Ketut.

Murahnya harga sewa perahu dan mudahnya mendapatkan logistik di Palabuhan Ratu, lanjut Ketut, menjadi alasan lain mengapa imigran menyukai kawasan ini. Palabuhan Ratu adalah kawasan wisata, sehingga kondisi masyarakatnya cenderung permisif terhadap para pendatang atau orang asing.

Saat ini, pihak imigrasi sedang berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengusut sindikat tersebut. “Kami sudah samapaikan semua data yang kami punya untuk ditindaklanjuti Kepolisian Perairan dan Udara, dan Pangkalan TNI AL. Mereka langsung melakukan penyidikan dan pengejaran terhadap sindikat ini,” kata Ketut. (Laporan: Eka Permadhi, Sukabumi | kd)

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis
VIVA Militer: Pasukan milisi Republik Ossetia Selatan

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

PBB memiliki anggota sekitar 193 negara. Namun, di luar jajaran negara-negara tersebut, terdapat setidaknya 9 negara yang belum mendapat pengakuan sebagai anggota PBB. 

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024