Menkeu Akan Tindak Oknum Penerima Suap PPID

Menkeu Agus Martowardojo Diperiksa KPK Sebagai Saksi Kasus Menakertrans
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo telah diperiksa oleh Komisi pemberantasan Korupsi terkait suap pencairan dan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah Transmigrasi (PPIDT) di Kemenakertrans. Agus Marto diperiksa sebagai saksi dari tiga tersangka yang telah ditetapkan oleh KPK.

"Jadi saya memberikan keterangan sesuai permintaan, baik untuk tersangka yang namanya Nyoman, Dadong, dan Dharnawati. Pertanyaannya lima atau enam," kata Agus Marto usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa 4 Oktober 2011.

Agus Marto tidak menampik adanya informasi yang menyebutkan kalau anak buahnya tersangkut kasus suap ini. "Jadi yang ingin sampaikan adalah bahwa kami juga di Kemenkeu ada informasi ada oknum yang nakal. Kalau itu ada, kami akan tindak dan kami sudah minta Irjen untuk memeriksa," kata dia.

Agus menambahkan, pihaknya akan mendukung penuh proses penegakan hukum yang dilakukan untuk mengungkap kasus suap senilai Rp1,5 miliar ini secara tuntas. "Mari kita sama-sama dukung KPK untuk bisa membuat masalah hukum ini menjadi jelas dan supaya tidak terulang lagi," kata dia.

Sebelum memeriksa Agus Marto, kemarin KPK juga telah memeriksa Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar. Menurut Muhaimin program PPID tidak masuk dalam anggaran DIPA Kemenakertrans. Sementara itu, pengacara Muhaimin, Waode NurZaenab, menyatakan program PPID berasal dari Dipa milik Kemenkeu.

"Jadi tidak ada kaitannya antara Kemenakertrans dengan program Dana PPID yang Rp500 miliar. Silakan teman-teman tanya ke kemenkeu dan Banggar. Silakan dipertanyakan kepada beliau beliau," kata Waode.

Hingga saat ini, KPK baru menetapkan tiga tersanga dalam kasus suap senilai Rp1,5 miliar ini. Mereka adalah Dadong Irbarelawan (Kabag Perencanaan dan Evaluasi di Kemenakertrans), I Nyoman Suisanaya (Sesditjen Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi/P2KT), dan Dharnawati (swasta/ pengusaha). (umi)

Soal Cincin di Jari Manis dan Dilamar di Bali, Ini Kata Syifa Hadju
Langit Yunani (Doc: X)

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Media sosial dibanjiri dengan gambar-gambar oanye langit di Ibu Kota Yunani yang membuat penduduk setempat dan wisatawan tercengang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024