Hari Ini, TNI Berusia 66 Tahun

Pasukan TNI
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Tentara Nasional Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun ke-66, Rabu 5 Oktober 2011. Upacara peringatan HUT TNI ini dipusatkan di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan menjadi inspektur upacara. Selain petinggi TNI, upacara HUT ke-66 ini juga akan dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II yang akan dirombak oleh SBY.

Pengakuan Mengejutkan Pelatih Australia terkait Penampilan Ernando

"Jam 08.00 WIB akan dimulai gladi, jam 08.30 WIB upacara akan dimulai," kata petugas Dinas Penerangan Umum Pusat Penerangan TNI, Mayor Setyo.

TNI mempunyai sejarah panjang dalam perkembangan Indonesia. Pada masa revolusi, tentara menjadi salah satu 'pilar utama' untuk merebut kemerdekaan dari penjajah.

Pada masa Orde Baru, TNI pernah terjun langsung dalam politik Indonesia melalui doktrin Dwi Fungsi ABRI. Kehadiran mereka dalam politik ini pun dilembagakan dalam Fraksi ABRI di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada waktu itu.

Namun, setelah bergulirnya reformasi sejak 1998, peran TNI itu dihapuskan. Tak ada lagi perwakilan TNI di parlemen. TNI kemudian mereformasi diri. Netralitas TNI menjadi isu utama pasca reformasi.

Permasalahan TNI tak sampai di situ. Anggaran yang dikucurkan pemerintah selama ini seolah tak bisa mencukupi kebutuhan mereka. Kesejahteraan prajurit menjadi sorotan karena dinilai sangat minim. Saat ini, remunerasi telah diterapkan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Sementara itu, isu peremajaan alat utama sistem pertahanan (alutsista) TNI hingga saat ini juga masih menjadi sorotan. Persenjataan TNI dinilai sudah ketinggalan zaman untuk mempertahankan kedaulatan negara. Selamat ulang tahun TNI. (art)

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023
Aksi Bus Kopassus adang Bus Pandawa 87 yang nekat lawan arah

Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus

Aksi ugal-ugalan bus Pandawa 87 di jalan raya hingga nekat melawan arah mendapat batunya saat berpapasan dengan bus Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Aksi lawan arah bus

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024