Menag: Dana Abadi Umat Masih Utuh Rp1,7 T

Suryadharma Ali
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews -  Kementerian Agama merupakan satu dari tiga kementerian yang dilaporkan Komisi Pemberantasan Korupsi ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait transparansi. Salah satu hal yang disoroti adalah pengelolaan dana abadi umat (DAU).

Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan DAU masih tersimpan dan belum pernah digunakan. "Sejak ada peristiwa Menteri Agama lalu, Pak Said Agil, sampai sekarang belum dipakai (dananya). Lalu di mana ada kebocoran?" kata Suryadharma Ali usai menghadiri HUT TNI ke-66 di Cilangkap, Jakarta, Rabu 5 Oktober 2011.

Menurutnya, DAU saat ini telah terkumpul Rp1,7 triliun dan penggunaannya sudah diatur dalam undang-undang. "Di antaranya untuk dana sosial, penunjang pendidikan, peningkatan kualitas haji, peningkatan rumah ibadah dan lain sebagainya," terang Suryadharma yang juga Ketua Umum PPP ini.

Disamping itu, syarat penggunaan dana itu juga perlu peraturan pemerintah, dan saat ini kata Suryadharma Ali peraturannya masih digodok. Bahkan, untuk pelaksanaanya juga dibutuhkan badan pelaksana.

"Nah sekarang peraturan pemerintahnya belum ada apalagi badan pelaksanaannya.  Dua syarat itu belum ada masa iya mau dipakai," tandasnya. (eh)

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Menyambut Anggota Keluarga Baru

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 25 April 2024. Salah satunya tentang cerita dari prosesi kelahiran anak perempuan pertama Alyssa Soebandono.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024