Pertemuan Pemuda Dunia, KNPI Wakili Indonesia

Ketua KNPI Ahmad Doli Kurnia diapit dua rekannya
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menjadi wakil Indonesia dalam Rapat Tahunan Pemuda Dunia atau Annual Meeting of WAY di Sudan, Afrika. Forum yang berlangsung sejak 1-5 Oktober 2011 ini diikuti oleh 120 negara.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

KNPI yang diwakili Ketua Umum DPP KNPI Ahmad Doli Kurnia telah menyampaikan sejumlah agenda dan isu dalam pertemuan tersebut.

Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPP KNPI Mustafa Raja mengatakan, sejumlah agenda dan isu yang dibahas dalam forum tersebut di antaranya, terbentuknya forum pemuda internasional untuk perubahan iklim sebagai hasil resolusi dari pertemuan sebelumnya.

Ahmad Doli yang juga wakil presiden World Assembly of Youth menyampaikan usul pembentukan jaringan forum pemuda untuk perubahan iklim di setiap negara dalam forum ini.

"Dalam forum ini dirumuskan kebijakan dan program tentang rencana-rencana aksi dari masalah-masalah lingkungan hidup dan perubahan iklim secara internasional, regional, dan nasional," kata Mustafa dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews.com, Rabu 5 Oktober 2011.

Selain itu, pertemuan membahas rencana pertemuan tahunan forum ke-2 pada 2013 di Sudan atau Swiss.

Selain itu, Mustafa mengatakan, KNPI berbicara tentang isu dan program lingkungan hidup dan perubahan iklim bagi pemuda. Baik di forum internasional, regional, dan nasional agar forum IYMCC dan KNPI bisa ikut serta di pertemuan negara-negara di dunia, seperti Konferensi Perubahan Iklim ke-18 pada Desember 2011 di Durban.

Seperti diketahui, keterlibatan KNPI dalam forum pemuda sedunia untuk perubahan iklim berawal dari Kongres Pemuda Dunia ke-15 pada November 2010 di Malaysia.

Dalam kongres itu, Ketua Umum KNPI Ahmad Doli terpilih sebagai wakil presiden forum dan memimpin forum untuk kawasan negara-negara kawasan Asia Pasifik.

Ada lima program pembahasan dalam forum tersebut, yakni politik dan demokrasi, perdamaian, HIV/AIDS, narkotika, dan ekonomi. KNPI, kata Mustafa, bertanggung jawab dalam program lingkungan hidup dan perubahan iklim. (art)

Hard Gumay

Ramal Sandra Dewi dan Harvey Moeis, Hard Gumay: Pokoknya Selesai

Terhadap perkembangan kasus korupsi tersebut, Hard Gumay memprediksi bahwa kisah Sandra Dewi dan Harvey Moeis akan selesai. Meskipun dia tidak menjelaskan secara rinci.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024