Jumat Dini Hari, Tarif Tol di Jatim Naik

Ilustrasi gerbang tol
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Kenaikan tarif jalan tol berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 227/KTPS/M/2011 Tanggal 27 September 2011 segera diberlakukan di Jawa Timur.

Kepala PT Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol, Agus Purnomo menjelaskan, tarif jalan tol ruas Waru ke Porong mengalami kenaikan sebesar Rp500 terhitung mulai Jumat, 7 Oktober 2011 pukul 00.00.

"Kenaikannya sekitar 12 persen dari harga lama, atau dibulatkan menjadi Rp500. Pembulatan itu untuk memudahkan transaksi saat pembayaran," kata Agus Rabu 5 Oktober 2011.

Agus menambahkan, kenaikan berlaku untuk semua jenis golongan kendaraan mulai dari mobil umum hingga truk dengan lima gardan atau lebih.

Rinciannya, untuk golongan satu kendaraan jenis sedan, jip, truk kecil, dan bus yang  semula Rp3.000 menjadi Rp3.500. Sedangkan golongan dua yakni truk gardan dua yang semula Rp4.000 menjadi Rp4.500.

Termasuk kendaraan golongan tiga, yang semula Rp6.000 menjadi Rp7.000, golongan empat semula Rp8.000 menjadi Rp.8.500 dan golongan lima semula Rp9.500 menjadi Rp10.500.

Kenaikan tarif berlaku untuk ruas tol Waru-Porong. Sedang untuk tarif tol ruas Dupak-Waru dan sebaliknya tidak mengalami kenaikan.

Disebutkan, alasan kenaikan tarif guna menyesuaikan adanya kenaikan inflasi yang setiap tahun naik termasuk tingginya biaya operasional. "Biaya pemeliharaan jalan juga sangat tinggi. Kemudian, UMR pegawai juga mengalami kenaikan setiap tahun. Dan, langkah itu diambil untuk
pengembalian modal dan pinjaman investor pembangunan jalan tol.

Sementara, guna memberi informasi pada pengguna jalan tol, pihak Jasa Marga juga melakukan sosialisasi. Caranya, melalui spanduk, menyebar leaflet bagi pengendara.

Laporan : Tudji Martudji | Surabaya

Top Trending : Pengalaman Tinggal Dekat Landasan Udara hingga Anak Kiai Sering Open BO Waria
Bidadari oktagon mentas di One Pride MMA Experience 78

One Pride MMA Experience 78, Bidadari Oktagon Bakal Mentas di Hall Basket GBK Sore Ini

Sejumlah wanita-wanita berparas cantik yang akrab disebut bidadari oktagon bakal tampil dalam serangkaian hajatan One Pride MMA Experience sore hari ini.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024