Polri Kirim Tim Periksa Hotel Djoko Tjandra

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Anton Bachrul Alam
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Mabes Polri dan Polda Bali membentuk tim untuk menyelidiki pembangunan Hotel Mulia Resort oleh buronan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Djoko Tjandra di Bali. Saat ini, tim itu sudah bekerja.

"Tim sudah berangkat kemarin, ada sepuluh orang dari Mabes Polri," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Anton Bachrul Alam di Mabes Polri, Jakarta, Jumat 7 Oktober 2011.

Polisi tengah membuktikan apakah benar hotel Mulia Resort di kawasan Pantai Geger, Peminge, Kuta Selatan, Badung, Bali adalah benar-benar milik Djoko Tjandra atau bukan. Namun, Anton mengatakan perkembangan investigasi itu belum bisa disampaikan ke masyarakat. "Kami tunggu aja hasilnya, masih dicek," kata Anton.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bali telah memastikan bangunan ini milik buronan yang diduga kabur ke Singapura itu. Bahkan, mereka telah melaporkannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

BLBI merupakan dana bantuan yang diberikan Bank Indonesia kepada bank-bank yang mengalami masalah likuiditas pada saat terjadi krisis moneter 1998 di Indonesia. Bantuan ini diberikan berdasarkan perjanjian Indonesia dengan Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) dalam mengatasi masalah krisis.

Pada Desember 1998, BI telah menyalurkan BLBI sebesar Rp147,7 triliun kepada 48 bank.

Kasus ini mencuat setelah keluarnya hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan terhadap penggunaan dana BLBI oleh 48 bank. Hasil audit ini menyimpulkan telah terjadi indikasi penyimpangan sebesar Rp138 triliun. (adi)

Putri Isnari DA 4 Lamaran, Gepokan Uang Panai Rp2 Miliar Jadi Sorotan
Kendaraan terjebak banjir di jalanan utama Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), 17/4

Hujan Lebat di Dubai, Benarkah karena Perubahan Iklim atau Modifikasi Cuaca?

Kota gurun Dubai diguyur hujan setinggi 25 cm (10 inci) hanya dalam waktu 24 jam. Ini sebenarnya adalah jumlah hujan yang biasanya turun dalam waktu hampir dua tahun.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024