Gempa Anak Krakatau Tak Pengaruhi Warga

Anak Gunung Krakatau
Sumber :
  • volcano.si.edu

VIVAnews - Aktivitas vulkanik berupa kegempaan Gunung Anak Krakatau yang terus meningkat ternyata tidak berpengaruh terhadap aktivitas warga di Lampung, khususnya yang berada di desa-desa dekat dengan gunung itu.

Seperti warga Desa Pulau Sebesi, desa yang letaknya terdekat dengan Anak Krakatau. Pantauan VIVAnews.com, warga tidak mau ambil pusing dengan situasi gunung yang tengah bergolak. Warga tetap melakukan aktivitas biasa seperti melaut, memancing dan berbelanja ke daerah pesisir.

Seperti yang terlihat di Demaga Canti, dermaga penyeberangan yang menghubungkan Desa Pulau Sebesi dengan Kalianda, Ibukota Lampung Selatan. Terlihat aktivitas warga seperti biasa, seperti berbelanja, dan mengunjungi sanak saudara di luar Desa Pulau Sebesi.

Menurut salah satu warga Pulau Sebesi, Ilyas, guncangan akibat gempa adalah hal yang biasa dirasakan warga Pulau Sebesi. "Jadi, warga sudah menganggap hal itu biasa, tidak ada yang panik. Setiap hari kami merasakan 3-4 kali gempa, tapi tidak besar. Warga tetap beraktifitas seperti biasa, memancing atau melaut," tuturnya.

Menurut Ilyas, Gunung Anak Krakatau yang juga bisa terlihat jelas dari Pulau Sebesi memang kadang mengeluarkan asap tipis.

Namun, menurut warga di sana, hal itu sudah biasa. "Mungkin kalau ada apa-apa dengan Anak Krakatau kami yang mati duluan, tapi saat ini kami tidak ada yang panik," ujarnya.

Begitupun menurut Sartim, salah satu nelayan pemilik perahu penyeberangan Dermaga Canti-Pulau Sebesi. Setiap hari semua pemilik kapal tetap beraktivitas berlayar seperti biasanya. Yakni, antar jemput warga dan wisatawan yang ingin melihat Anak Krakatau. "Di tengah laut juga seperti biasa. Kalau ombak besar, itu karena saat ini sedang musim kemarau, jadi tidak apa-apa," yakinnya.

Keberangkatan kapal tetap seperti biasa. Yaitu berangkat dari Dermaga Canti pukul 13.00 siang dan kembali lagi keesokan paginya pukul 07.00. Rute yang ditempuh juga mencakup pulau terdekat yakni Pulau Sebuku. Perjalanan dari Dermaga Canti ke Pulau Sebesi memakan waktu sekitar satu jam.

Laporan: Andry Kurniawan| Lampung

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK
Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024