Kapal Nelayan Karam Dihantam Ombak Dua Meter

Ilustrasi kapal karam
Sumber :
  • Reuters Photo

VIVAnews - Ganasnya gelombang pantai selatan Yogyakarta kembali menelan korban. Kali ini ganasnya gelombang menghantam perahu nelayan Pantai Depok yang sedang menarik jaring di sisi selatan Pantai Samas atau sekitar 2 kilometer arah barat pantai Depok.

Saat sedang menarik jaring perahu Taruna Samudera yang ditekongi Sigit (35) dan ABK Dwi Purnomo (25) keduanya warga Desa Trihargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DIY, tiba-tiba dari arah belakang gelombang setinggi 2 meter menghantam kapal.

Tak ayal lagi perahu langsung terbalik dan karam. Beruntung tekong dan ABK dapat diselamatkan oleh warga Pantai Samas yang berada di pantai dan langsung memberikan pertolongan.

Tri Jarwanto (27) warga Pantai Samas mengatakan saat perahu sedang menarik jaring yang ditebar sekitar 200 meter, tiba-tiba gelombang besar dan langsung menghantam perahu.

"Tekong dan ABK saat itu memang tidak menggunakan pelambung sehingga langsung masuk kelaut bersama dengan perahu yang terbalik," ujarnya, Sabtu 8 Oktober 2011.

Kondisi yang parah dialami oleh ABK kapal. Saat berhasil ditolong warga dan dibawa ke tepi pantai dalam kondisi pingsan, sedangkan tekong dapat berenang ke tepi pantai. "ABK pingsan saat berada di tepi pantai dan langsung dilarikan ke Puskesmas Sanden," ujarnya.

Kondisi kapal kata Gotri panggilan akrab dari Tri Jarwanto cukup memprihatinkan. Katir kanan kiri kapal patah, dudukan mesin hancur sehingga mesin nyaris hilang jika tak dikaitkan dengan badan kapal dengan tali tambang. "Mesin kapal nyaris hilang jika tak diikat tali dengan badan kapal," ujarnya.

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?

Lebih lanjut Tri Jarwanto menyatakan saat ini perahu dan mesin telah diamankan oleh warga Pantai Samas dibawa ke tepian pantai. "Yang jelas jaring yang digunakan untuk menangkap ikan sebagian hilang bersamaan dengan kapal terbalik," pungkasnya. Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta (adi)

Mazda EZ-6

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Changan Mazda Automobile Corporation Ltd yang merupakan perusahaan patungan antara Mazda Motor Corporation dan Chongqing Changan Automobile, meramaikan pameran Auto China

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024