RI-Malaysia Belum Sepakat di Empat Daerah Ini

Peta Kalimantan
Sumber :

VIVAnews - VIVAnews - Selain Dusun Camar Bulan, masih ada empat wilayah di perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat yang belum disepakati kepemilikannya. Malaysia dan Indonesia belum sepakat mengenai empat wilayah ini.

Wakil Kepala Penerangan Kodam Tanjungpura Letkol Inf Totok mengatakan empat wilayah tersebut adalah Sungai Buan, Titik D 400, Gunung Raya dan Sungai Aum. "Statusnya masih outstanding border trace," kata Totok kepada VIVAnews.com, Minggu 9 Oktober 2011.

Menurut Totok, terkait kawasan perbatasan, TNI sudah menyiagakan 30 pos sepanjang 966 km di sepanjang perbatasan Indonesia-Malaysia yang berada di wilayah Kalimantan Barat. "TNI melakukan penjagaan secara patroliĀ  di 30 pos tersebut," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi I, TB Hasanuddin mengatakan, Indonesia kehilangan 1.400 hektare tanah di Camar Bulan dan 80 ribu meter persegi di pantai Tanjung Datu. "Patok yang ada saat ini tidak sesuai dengan perjanjian London itu. Jelas, ini menambah luas wilayah Malaysia," kata dia.

MK Juga Surati KPU dan Bawaslu, Bakal Bacakan Dua Putusan
Ketua Umum DPP PSI, Kaesang Pangarep.

Kaesang: Walaupun PSI Belum Bisa Masuk Senayan, Enggak Masalah

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mengaku tak ambil pusing meski partainya gagal melenggang ke Senayan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024