Perbatasan RI-Malaysia

DPR Panggil Panglima TNI dan Mendagri

Peta Kalimantan
Sumber :

VIVAnews - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Marzuki Alie, angkat bicara terkait permasalahan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia yang belakangan kembali memanas.

"Saya kira ada TNI, ada Mendagri, yang ditugaskan untuk mengurusi masalah perbatasan, jadi kami tunggu saja," kata Marzuki Alie di Jakarta, Minggu, 9 Oktober 2011.

Wakil ketua dewan pembina Partai Demokrat ini mengatakan DPR akan memanggil Mendagri dan TNI untuk meminta penjelasan terkait persoalan perbatasan Indonesia dan Malaysia di Provinsi Kalimantan Barat. Meski begitu, Marzuki belum dapat memastikan kapan DPR akan memanggil keduanya.

"Ya, kami lihat nantilah. Kami serahkan ke komisi yang terkait. Ada Komisi I, Komisi II, nanti kan bisa ditanyakan langsung," ujarnya.

Rencana pemanggilan itu terkait kasus 1.400 hektare tanah Dusun Camar Bulan dan 80 ribu meter persegi di Pantai Tanjung Datu yang dicaplok Malaysia. Menurut dia, Indonesia sebagai bangsa tentunya sudah menentukan mana batas wilayahnya dan mana milik orang lain. 

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya

"Kan perjalanan bangsa ini panjang, harusnya segala sesuatunya sudah ditentukan," ungkapnya.

Seperti diketahui, selain Dusun Camar Bulan, masih ada empat wilayah di perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat yang juga terancam dicaplok Malaysia.

Wakil Kepala Penerangan Kodam Tanjungpura Letkol Inf Totok menegaskan, pihaknya akan mempermasalahkan ancaman pencaplokan kawasan di perbatasan Kalimantan Barat itu.

Empat wilayah tersebut yakni, Sungai Buan, Titik D 400, Gunung Raya, dan Sungai Aum. "Kami sedang mempermasalahkan lima kawasan perbatasan itu," kata Totok kepada VIVAnews.com, Minggu 9 Oktober 2011.

Menurut Totok, langkah yang saat ini diambil TNI adalah menyiagakan 30 pos sepanjang 966 kilometer di sepanjang perbatasan Indonesia-Malaysia yang berada di wilayah Kalimantan Barat. (art)

Pintu rumah dengan warna merah terang

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Warna pintu rumah adalah hal yang akan dilihat pertama kali oleh orang yang berkunjung. Oleh karenanya, pintu rumah harus memberikan kesan yang baik dan eye-catching.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024