Hitung Cepat

Incumbent Unggul di Pemilihan Gubernur Sulbar

Nelayan Mamuju, Sulawesi Barat, saat melaut.
Sumber :
  • Antara/ Aco Ahmad

VIVAnews - PT Jaringan Survei Indonesia (JSI) mengumumkan hasil quick count Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur Sulawesi Barat, yang berlangsung Senin, 10 Oktober 2011. Berdasarkan perhitungan cepat itu, JSI mengunggulkan pasangan incumbent Anwar Adnan Saleh-Aladin S. Mengga (Andalan).

Hasil Lengkap Pertandingan Pebulutangkis Indonesia di BAC 2024: Grego, Jonatan dan Ginting Ngamuk

Pasangan Andalan yang berada di nomor urut 2 ini unggul dengan perolehan 48,12 persen. Disusul Pasangan Ali Baal Masdar-Tahsan Burhanuddin (ABM-TA) dengan perolehan 32,91 persen, dan pasangan Salim S Mengga-Abdul Jawas Gani (Salim Saja) menempati urutan buncit dengan 18,97 persen.

“Ini hasil quick count hingga pukul 18:00 Wita. Suara yang masuk sudah 95,25 persen dari 400 TPS yang dijadikan sebagai sampel,” kata Manajer Strategi pemenangan JSI, Irfan Jaya yang dihubungi VIVAnews dari Makassar, Senin malam 10 Oktober 2011.

Pesan Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto kepada Warga yang Mudik Lebaran

Ia menambahkan, 400 TPS sebagai sampel tersebut diambil dari lima kabupaten yakni Mamuju, Mamuju Utara, Majene, Polewali Mandar (Polman), dan Mamasa. Di Mamuju JSI mengambil sampel dari 117 TPS, Mamuju Utara (40), Polman (118), Majene (56), dan Mamasa (69). 

Dengan posisi tersebut, Irfan jaya memastikan, posisi tersebut tidak akan banyak berubah. Dan data tersebut tidak akan berbeda jauh dari hasil rekapitulasi KPU Sulbar yang akan dilakukan akhir Oktober mendatang. 

Menlu AS Bersedih dengan Keadaan Masyarakat Gaza Saat Lebaran

Pasangan Andalan unggul di empat kabupaten dengan kemenangan mutlak. Pasangan Andalan hanya kalah di satu kabupaten, yakni Polewali Mandar. Di daerah ini, pasangan ABM-Ta meraup suara terbanyak, yang disebabkan oleh ABM, yang sedang menjabat sebagai Bupati Polewali Mandar.

"Hasil ini tidak akan jauh berbeda dengan hasil penghitungan suara manual," kata Irfan.

Seperti diketahui, Pemilukada Gubernur di provinsi termuda di Indonesia ini diikuti oleh tiga pasangan. Pasangan nomor 1 Salim S. Mengga - Jawas Gani didukung enam partai yakni PAN, PPD, PKB, Partai Buruh, Barnas dan PBR.

Pasangan nomor 2 adalah pasangan incumbent, Anwar Adnan Saleh-Aladin S. mengga, didukung partai besar yakni partai Golkar, PDI-P, Demokrat, PKS, Hanura, PKPB dan 29 parpol non parlemen. Sedangkan pasangan nomor urut 3, Ali Baal Masdar - Tashan Burhanuddin, didukung tiga parpol yakni Partai Gerindra, PDK dan PNI Marhaenisme. 

(Laporan RHA | Makassar, umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya