2 Eks Menteri BUMN Bersaksi untuk Dirut PLN

Mantan Menteri BUMN: Laksamana Sukardi
Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Mantan Dirut PLN Eddie Widiono kembali menjalani sidang di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Sidang, yang mengagendakan pemeriksaan saksi, menghadirkan mantan Menteri BUMN Laksamana Sukardi dan Sofyan Djalil.

"Mereka berdua dijadwalkan untuk memberikan kesaksian di Pengadilan Tipikor buat Pak Eddie," kata kuasa hukum Eddie, Maqdir Ismail kepada VIVAnews.com di Jakarta, Selasa, 11 Oktober 2011.

Dua mantan Menteri BUMN ini, menurut Maqdir, akan bersaksi dalam kapasitas yang berbeda. Laksamana Sukardi sebagai mantan menteri BUMN sementara Sofyan Djalil sebagai mantan komisaris PLN.

Mantan Dirut PLN Eddie Widiono didakwa korupsi proyek Outsourcing Customer Information System Rencana Induk Sistem Informasi (CIS-RISI) di PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Tangerang tahun 2004-2006.

Jaksa mendakwa Eddie korupsi bersama-sama dengan Margo Santoso, Fahmi Mochtar, serta Gani Abdul Gani. Margo Santoso dan Fahmi Mochtar merupakan General Manager PLN Disjaya Tangerang. Sedangkan Gani Abdul Gani adalah Direktur Utama PT Netway Utama.

Jaksa menilai Eddie telah memerintahkan penunjukan langsung dalam proyek ini. Hal tersebut dinilai tidak sesuai Keppres 80/2003 tentang Pengadaan Barang dan Jasa.

Berdasarkan perhitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) nilai proyek outsourcing tahun 2004-2006 semestinya hanya Rp92,2 milliar, bukanRp 137,1 miliar. Selisih nilai proyek sebanyak Rp46,1 miliar diduga telah memperkaya Gani Abdul Gani selaku Dirut PT Netway. Atas dugaan korupsi ini negara dirugikan sebesar Rp46,18 miliar.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir
Film Badarawuhi di Desa Penari

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Kabar membanggakan datang dari dunia perfilman Tanah Air. Film produksi MD Pictures berjudul Badarawuhi di Desa Penari akan segera tayang di Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024